STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN DI DESA LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Parman, Parman and Sampara, Nirwana and Fitra, Muh (2024) STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN DI DESA LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG. DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5 (5). pp. 22-29. ISSN 2721-4907

[thumbnail of 05. STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN.pdf]
Preview
Text
05. STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[thumbnail of STRATEGI_PEMASARAN_PADA_PRODUK_SARUNG_TENUN.pdf]
Preview
Text
STRATEGI_PEMASARAN_PADA_PRODUK_SARUNG_TENUN.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan metode yang menampilkan produk kepada pelanggan
Strategi pemasaran dianggap efektif jika didukung oleh perencanaan internal dan eksternal
yang terstruktur dengan baik. Pemasaran pada dasarnya adalah rencana menyeluruh dan
terintegrasi yang diintegrasikan ke dalam bidang pemasaran dan memberikan Panduan
tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan pemasaran
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran untuk
produk sarung tenun di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi dan
observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang masing-masing adala
pemilik usaha sarung tenun yang ada di desa Lero. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kualitatif merupakan prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif yaitu sumber dari tertulis atau ungkapan dan tingkah laku yang
di observasi dari manusia.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data
yang digunakan berupa uraian-uraian dan keterangan dari kegiatan wawancara yang
dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang digunakan
oleh pengusaha kain tenun sutera ada 2 sistem yaitu social media marketing (pemasaran
media sosial), point-of-purchase marketing (pemasaran di tempat pembelian).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Di Tempat Pembelian, Sarung Tenun
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: parman parman
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:21
Last Modified: 03 Jul 2025 02:21
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2185

Actions (login required)

View Item
View Item