Parman, Parman and Sampara, Nirwana and Fitra, Muh (2024) STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN DI DESA LERO KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG. DECISION : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5 (5). pp. 22-29. ISSN 2721-4907
05. STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK SARUNG TENUN.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
STRATEGI_PEMASARAN_PADA_PRODUK_SARUNG_TENUN.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
Abstract
Strategi pemasaran merupakan metode yang menampilkan produk kepada pelanggan
Strategi pemasaran dianggap efektif jika didukung oleh perencanaan internal dan eksternal
yang terstruktur dengan baik. Pemasaran pada dasarnya adalah rencana menyeluruh dan
terintegrasi yang diintegrasikan ke dalam bidang pemasaran dan memberikan Panduan
tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memenuhi tujuan pemasaran
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemasaran untuk
produk sarung tenun di Desa Lero Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi dan
observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang masing-masing adala
pemilik usaha sarung tenun yang ada di desa Lero. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kualitatif merupakan prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif yaitu sumber dari tertulis atau ungkapan dan tingkah laku yang
di observasi dari manusia.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena data
yang digunakan berupa uraian-uraian dan keterangan dari kegiatan wawancara yang
dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran yang digunakan
oleh pengusaha kain tenun sutera ada 2 sistem yaitu social media marketing (pemasaran
media sosial), point-of-purchase marketing (pemasaran di tempat pembelian).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Di Tempat Pembelian, Sarung Tenun |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | parman parman |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2185 |