Kasmawati, NIM : 1218330016 (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatid tipe NHT Terhadap Keterampilan Komunikasi Sains Peserta didik Kelas X MIPA UPT SMA Negeri 2 Parepare. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
![[thumbnail of 1. FILE SAMPUL;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE SAMPUL;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
![[thumbnail of 2. PENDAHULUAN;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
2. PENDAHULUAN;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (428kB)
![[thumbnail of 3. BAB ISI;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
3. BAB ISI;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (592kB)
![[thumbnail of 4. LAMPIRAN;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
4. LAMPIRAN;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (43MB)
![[thumbnail of JURNAL SKRIPSI;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf]](/style/images/fileicons/text.png)
JURNAL SKRIPSI;1218330016_KASMAWATI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
Abstract
Kasmawati, 2024 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe NHT Terhadap Keterampilan Komunikasi Sains Peserta Didik Kelas
X MIPA UPT SMAN 2 Parepare. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Parepare. Pembimbing (I) Nur Ismirawati (II) Amri.
Keterampilan komunikasi sains ialah proses pertukaran informasi antara dua sumber, salah satu sumber adalah pelajar dan sumber lainnya adalah guru.Model pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan model pembelajaran yang menggunakan empat struktur pembelajaran yaitu Penomoran, Mengajukan pertanyaan, Berpikir bersama dan Menjawab. Tujuan penelitian yaitu 1)Untuk mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi sains peserta didik Kelas X MIPA SMAN 2 Parepare pada model pembalajaran kooperatif tipe NHT dan pembalajaran konvensional, 2)Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterampilan komunikasi sains peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Parepare setiap pertemuan. Indikator keterampilan komunikasi sains yaitu: 1) mengemukakan pendapat, 2) melakukan diskusi, 3) mempresentasikan hasil diskusi, 4) menyimpulkan materi dengan jelas. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain Two group.
Populasi seluruh peserta didik di kelas X MIPA UPT SMAN 2 Parepare tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 3(kelas experime) dan kelas X MIPA 7 (kelas konvensional) dimana masing-masing kelas berjumlah 35 orang dengan teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data terdiri atas analisis statistic deskriptif dan teknik analisis inferensial. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi Rubrik keterampilan komunikasi sains, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar aktivitas pendidik dalam mengelola pembalajaran. Hasil penelitian diperoleh, nilai rata-rata keterampilan komunikasi sains pada kelas eksperimen sebesar 66,01% dengan kriteria baik dan kelas kontrol sebesar
65,58% dengan kriteria baik. Terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterampilan komunikasi sains peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Parepare setiap pertemuan, Adapun nilai signifikan terlihat di 3 pertemuan mempunyai nilai signifikan < dari (α<0,05) sedangkan 2 pertemuan > dari (α>0,05) dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatife Tipe NHT , Keterampilan Komunikasi Sains. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:36 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:36 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/216 |