OPTIMALISASI LAYANAN PENCUCIAN MOBIL DENGAN SISTEM PEMESANAN BERBASIS WEB

Andi Alvin As. Mattola, NIM : 220280152 (2025) OPTIMALISASI LAYANAN PENCUCIAN MOBIL DENGAN SISTEM PEMESANAN BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of FileSampul_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf]
Preview
Image
FileSampul_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[thumbnail of BAB(I-V)_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf]
Preview
Text
BAB(I-V)_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal(Skripsi)_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf]
Preview
Text
Jurnal(Skripsi)_220280152_AndiAlvinAs.Mattola_TeknikInformatika.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview

Abstract

ANDI ALVIN AS. MATTOLA. Optimalisasi Layanan Pencucian Mobil Dengan Sistem Pemesanan Berbasis Web (di bimbing oleh Ahmad Selao dan Masnur).

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memberikan dampak besar pada berbagai sektor, termasuk layanan pencucian mobil. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi berbasis web guna mengoptimalkan layanan pencucian mobil melalui sistem pemesanan online yang praktis dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu melibatkan pengumpulan data seperti wawancara, observasi, atau studi literatur, dan analisisnya. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam memesan layanan, memilih jadwal pencucian, menentukan layanan tambahan, hingga melakukan pembayaran secara online, sehingga lebih fleksibel dan mengurangi potensi
antrian panjang di lokasi pencucian. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan pelanggan memberikan rating, kritik, dan saran untuk meningkatkan kualitas layanan. Dari sisi pemilik
usaha, aplikasi ini membantu dalam pengelolaan manajemen layanan, termasuk pengelolaan data pelanggan, laporan pencucian, serta analisis data pelanggan secara real-time untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif. Hasil dari penelitian ini adalah dapat mengimplementasikan sistem pemesanan layanan pencucian mobil yang dapat meningkatkan
efisiensi operasional dengan mengintegrasikan data secara digital dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan. Selain itu, aplikasi ini mendukung digitalisasi di sektor jasa pencucian mobil, yang selaras dengan tuntutan era modern untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan. Maka dari itu kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan optimalisasi sistem pemesanan berbasis web, pelanggan dapat menikmati layanan yang lebih terstruktur dan
mudah diakses, sementara pemilik usaha dapat memanfaatkan teknologi untuk memonitor dan meningkatkan kinerja bisnis secara menyeluruh. Aplikasi ini menjadi solusi inovatif yang
mengutamakan kepuasan pelanggan sekaligus memperkuat daya saing bisnis pencucian mobil di era digital yang semakin kompetitif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Website, Pencucian Mobil, Sistem Pemesanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 13 Jun 2025 06:38
Last Modified: 13 Jun 2025 06:38
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item
View Item