LITERASI KEUANGAN SYARIAH GENERASI Z TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI DI KABUPATEN PINRANG

221 320 002 MUHTAR, AQHZIRA AULIA (2025) LITERASI KEUANGAN SYARIAH GENERASI Z TERHADAP AKTIVITAS EKONOMI DI KABUPATEN PINRANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (508kB) | Preview
[thumbnail of ISI.pdf]
Preview
Text
ISI.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan syariah terhadap aktivitas ekonomi Generasi Z di Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Sampel terdiri dari 100 responden yang merupakan bagian dari Generasi Z. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk menganalisis hubungan antara tingkat literasi keuangan syariah dan frekuensi aktivitas ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan syariah memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap aktivitas ekonomi Generasi Z. Responden dengan tingkat literasi keuangan syariah yang lebih tinggi cenderung lebih aktif dalam kegiatan investasi, menabung , dan menggunkan produk keuangan syariah. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan literasi keuangan syariah untuk mendorong pengelolaan keuangan yang bijak dan mendukung pengembangan ekonomi berbasis syariah di kalangan generasi muda. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam menyusun strategiedukasi keuangan syariah yang efektif.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 12 Jun 2025 05:41
Last Modified: 12 Jun 2025 05:41
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item
View Item