Adral, Rahmat and Imam Fadly, Fadly (2022) ANALISIS MATERIAL AGREGAT PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-BINDER COURSE (STUDI KASUS: AGREGAT SUNGAI SADDANG KABUPATEN ENREKANG). JURNAL KARAJATA ENGINEERING, 2 (2). pp. 61-69. ISSN 2775-5266
1-1858-Article Text-5527-1-10-20221216.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
Abstract
Agregat adalah bahan penting yang digunakan untuk kontruksi jalan. Sungai
Saddang memiliki cadangan material agregat yang sangat besar yang berlokasi di
Enrekang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik agregat dan
kelayakan agregat pada campuran aspal beton AC-BC berdasarkan spesifikasi
Umum Bina Marga 2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang
dilakukan di laboratorium mulai dari bulan Februari sampai Maret 2022. Hasil
penelitian menunjukkan karakteristik agregat diperoleh nilai stabilitas maksimum
pada kadar aspal 5% sebesar 1458.11 kg dan minimum pada kadar aspal 5.5%
sebesar 1179.10 kg. Nilai VMA maksimum pada kadar aspal 6.5% sebesar 17.95% dan
minimum pada kadar aspal 4.5% sebesar 15.54%. Nilai VIM maksimum pada kadar
aspal 4.5% sebesar 6.43 % dan minimum pada kadar aspal 6.5% sebesar 3.91%. Nilai
VFB maksimum pada kadar aspal 6.5% sebesar 77.88% dan minimum pada kadar
aspal 4.5% sebesar 62.31 %. Nilai flow maksimum pada kadar aspal 5.5% sebesar 3.56
mm dan minimum pada kadar aspal 6.5% sebesar 3.34 mm. Nilai MQ maksimum
pada kadar aspal 5% sebesar 435.09 mm/kg dan minimum pada kadar aspal 5.5%
sebesar 331.42 mm/kg. KAO yang diperoleh adalah 5.85%. Kelayakan agregat
diperoleh nilai KA minimum 5.2 % dan KA maksimum 6.5% yang telah memenuhi
spesifikasi Umum Bina Marga 2018.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aggregate, Mixture Characteristics, Asphalt Concrete AC-BC, KAO |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | imam fadly |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:38 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2120 |