1223340035 SRIHARDINA, EKA (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK KELOMPOK B DI RA NABIGH KABUPATEN SOPPENG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL_1223340035_EKA SRIHARDINA_PIAUD.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
PENDAHULUAN_1223340035_EKA SRIHARDINA_PIAUD.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
BAB (ISI)_1223340035_EKA SRIHARDINA_PIAUD.pdf - Published Version
Download (921kB) | Preview
LAMPIRAN_1223340035_EKA SRIHARDINA_PIAUD.pdf - Published Version
Download (776kB) | Preview
JURNAL SKRIPSI_1223340035_EKA SRIHARDINA_PIAUD.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
Abstract
Eka Srihardina, 2024. Penyusun mengaku judul skripsi “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Kelompok B di RA Nabigh Kabupaten Soppeng” (Pembimbing I Ibu Nurlailah, S. Pd. I., M. Pd. Pembimbing II Bapak Kalbi Jafar, S.Pd.I., M.Pd.I). Skripsi ini membahas cara Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan belajar berdiferefnsi di RA Nabigh Kabupaten Soppeng Bagaimana
Peningkatan Kemampuan berfikir Kritis Anak kelompok B di RA Nabigh Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dengan beberapa cara seperti : Setting penelitian, persiapan penelitian, Subjek penelitian, sumber Data, Alat dan teknik pengumpulan Data, Indikator Kinerja, Analisis Data, dan Proseddur penelitian. Dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaranberdiferensiasi memberikan ruang bagi anak untuk berkembang Meskipun pembelajaran berdiferensiasi menawarkan manfaat, ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya.
Salah satu tantangan utama adalah waktu yang diperlukan untuk memahami kebutuhan setiap anak dan merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai. (2) pembelajaran berdiferensi pada siklus I masih belummemuaskan dan pada Siklus II perkembangan anak didik dalam kemampuan berpikir kritis menunjukkan memuaskan. Berdasarkan presentasi dari data yang diperoleh, anak didik yang tuntas atau berkembang sangat baik sebanyak 8 anak atau setara dengan (42,11%),
dan anak didik yang tuntas atau berkembang sesuai harapan berjumlah 9 anak (47,37%). anak yang memperoleh mulai berkembang, sebanyak 2 Anak 10,53%). Nilai Ketuntasan belajar pada siklus II mencapai kemampuan berpikir kritis anak didik menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan tingkat keberhasilan mencapai 89,47%. Peningkatan ini termasuk dalam kategori sangat baik dibandingkan dengan siklus sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berdiferensiasi, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 02 Jun 2025 02:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2025 02:03 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/2119 |