1223340014, EVIANTI (2025) IMPLEMENTASI PERMAINAN BALOK DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK USIA DINI DI KB HASRI PAREPARE. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
Sampul.1223340014_EVIANTI_PIAUD.pdf - Submitted Version
Download (106kB) | Preview
Pendahuluan.1223340014_EVIANTI_PIAUD.pdf - Submitted Version
Download (887kB) | Preview
BAB (ISI).1223340014_EVIANTI_PIAUD.pdf - Submitted Version
Download (615kB) | Preview
Lampiran. 1223340015_Sriwati_PIAUD. ok.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Jurnal Skripsi. 1223340014_EVIANTI_PIAUD_.pdf - Submitted Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Evianti, 2024. “Implementasi Permainan Balok dalam Membangun
Kemampuan Kerjasama Pada Anak Usia Dini di KB Hasri Parepare” (Pembimbing I Ibu Nurlailah, S.Pd.I., Pembimbing II Ibu Zulfianah S.Pd, M.Pd). Skripsi ini membahas penanaman akhal bagi anak melalui kolaborasi guru dan orang tua.Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi permainan balok dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak usia dini di KB Hasri Parepare? Apa saja faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan permainan balok untuk membangun kemampuan kerjasama pada anak usia dini di KB Hasri Parepare? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan, . Dapat disimpulkan bahwa Implementasi permainan balok di KB Hasri Parepare terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia
dini melalui penyediaan media yang bervariasi, lingkungan belajar yang aman dan kondusif, serta dukungan guru yang kompeten dalam merancang kegiatan kolaboratif. Pendekatan ini memungkinkan anak untuk mengeksplorasi kreativitas,
berinteraksi secara efektif, dan mengembangkan keterampilan sosial secara alami melalui tantangan kelompok dan permainan tematik. Faktor pendukung seperti ketersediaan media permainan, minat anak, dan dukungan orang tua turut berkontribusi pada keberhasilan program ini, meskipun hambatan seperti keterbatasan fasilitas dan kurangnya keterlibatan orang tua tetap menjadi tantangan. Dengan sinergi dari semua pihak, permainan balok dapat dioptimalkan
untuk membangun kemampuan kerjasama anak secara menyeluruh.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Balok, Kemampuan Kerjasama. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa Labaja |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 06:42 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 06:42 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1740 |