221340013, RASTINA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK A DI RA DDI ASH-SHIDDIQ PINRANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL SKRIPSI RASTINA.pdf - Submitted Version
Download (203kB) | Preview
PENDAHULUAN. RASTINA.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB ( ISI) RASTINA.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran. RASTINAdocx.pdf - Submitted Version
Download (687kB) | Preview
JURNAL RASTINA.pdf - Submitted Version
Download (554kB) | Preview
Abstract
Rastina, 221340013. Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 Melalui
Media Kartu Bergambar pada Kelompok A di RA DDI Ash-Shiddiq Pinrang.
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk perkembangan optimal anak. Pada masa golden age, anak mengalami pertumbuhan pesat yang memerlukan rangsangan yang tepat. Dengan stimulasi yang sesuai, anak dapat
mengembangkan potensi di lima aspek: fisik, bahasa, kognitif, moral, dan sosial. Pengenalan lambang bilangan sejak dini membantu dasar kemampuan matematika
anak. Pembelajaran yang tepat melalui media dan metode yang menyenangkan sangat penting untuk mengenalkan lambang bilangan. Media yang menarik, seperti kartu angka bergambar, mendukung pemahaman anak yang masih berpikir konkret
dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenal lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui media kartu angka bergambar pada anak kelompok A di RA
DDI Ash-Shiddiq Pinrang. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 22 anak RA RA DDI Ash-Shiddiq. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif
dan kualitatif. Pembentukan kreativitas dikatakan berhasil apabila anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase 70%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi pra siklus kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 sebelum melalui media
kartu bergambar hanya sebesar 41% pada kriteria MB. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas melalui media kartu bergambar, kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 meningkat sebesar 23% pada kriteria BSB, pada siklus I, dan semakin meningkat pada siklus II mencapai presentase sebesar 73% pada kriteria BSB. Ini berarti kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan 1-10 melalui media kartu bergambar menunjukkan peningkatan sesuai dengan yang diharapkan pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) mencapai 69%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengenal Bilangan 1-10, Media Kartu Bergambar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa Labaja |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 05:11 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 05:11 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1727 |