PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MANFAAT PADA BUAH - BUAHAN DAN SAYURANBERBASIS AUGMENTED REALITYUNTUK ANAK USIA DINI

.220280095, FIRDAUS (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN MANFAAT PADA BUAH - BUAHAN DAN SAYURANBERBASIS AUGMENTED REALITYUNTUK ANAK USIA DINI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
SAMPUL_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of BAB (Isi)_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
BAB (Isi)_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Image
LAMPIRAN_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
JURNAL_220280095_FIRDAUS_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (505kB) | Preview

Abstract

FIRDAUS. Perancangan Media Pembelajaran pengenalan Manfaat pada Buah -buahan dan Sayuran Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia Dini (dibimbing oleh Marlina dan Mughaffir Yunus).PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan upaya pembinaan anak semenjaklahir hingga usia enam tahun melalui pemberian rangsangan pendidikan agarmemiliki kesiapan secara jasmani dan rohani saatmemasukipendidikanlebihlanjut,.tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan memperkenalkan aplikasi media pembelajaran berbasis AR yang efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami cara implementasi penggunaan marker buah dan sayur kedalam
aplikasi berbasis AR dengan visualisasi 3D. Aplikasi ini dibuat menggunakan unity editor 2021, visual studio code , adobe ilustrator, Canva sebagai membuat marker
buah dan sayur dan plugin tambahan yang digunakan yaitu Vuforia engine sebagai marker dan juga kamera AR. Blender 3D juga digunakan sebagai tools untuk membuat objek 3D. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini
adalah Metodologi deskriptif yang digunakan untuk menjelaskan bagaimana membuat aplikasi pengenalan buah dan sayur berbasis Augmented reality. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan metode pengujian dengan white box dan black box. Setelah melakukan tahapan pengujian aplikasi maka selanjutnya dilakukan tahap implementasi langsung di Paud Terpadu Melati
Parepare. Hasil pengujian aplikasi yang dilakukan dengan whitebox didapat bahwa sistem dari aplikasi ini sesuai dengan apa yang telah dirancang sebelumnya dan
juga pengujian black box didapat bahwa seluruh mekanisme dari sistem aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil implementasi aplikasi media pembelajaran dalam
pengenalan manfaat buah dan sayur dengan menggunakan marker dan qr codesebagai alat ukur didapat bahwa siswa/i suka atausenang saat menggunakan aplikasi ini .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Media Pembelajaran, Buah dan Sayuran,
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 16 Apr 2025 02:10
Last Modified: 16 Apr 2025 02:10
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item
View Item