METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU TAJWID (IKHFA HAQIQI) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SOSSOK ANGGERAJA

1223250011 Muhammad, Yunus (2025) METODE WAFA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU TAJWID (IKHFA HAQIQI) PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDIT SOSSOK ANGGERAJA. Other thesis, universitas muhammadiyah parepare.

[thumbnail of SAMPUL_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf]
Preview
Text
SAMPUL_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf - Submitted Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-V_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf]
Preview
Text
BAB I-V_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf]
Preview
Image
LAMPIRAN_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf]
Preview
Text
JURNAL_MUHAMMAD YUNUS_1223250011_PAI.pdf - Submitted Version

Download (919kB) | Preview

Abstract

Muhammad Yunus, 2024. Metode Wafa Dalam Meningkatkan Hasil
Belajar Ilmu Tajwid (Ikhfa Haqiqi) Pada Peserta Didik Kelas V SDIT Sossok Anggeraja (Pembimbing I Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sumadin, S.Pd.I., M.Pd.I). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan metode WAFA dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V (Lima) SDIT Anggeraja.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus secara partisipan yaitu peneliti terlibat langsung dalam proses penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Lokasi penelitian: SDIT Sossok Anggeraja Enrekang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V dengan jumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, lembar tes meliputi soal
pre-test dan post-test. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dengan
mencari nilai rata-rata dan persentase keberhasilan belajar peserta didik.Hasil penelitian yang didapatkan adalah metode WAFA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis Al�Qur’an (BTQ) materi pokok Ikhfa’ Haqiqi dibuktikan dengan meningkatnya
ketuntasan belajar pada siklus I dan II. Pada tahap pra siklus ketuntasan belajar peserta didik hanya 45 % dengan nilai rata-rata kelas 65,5 setelah diterapkan
metode WAFA pada pembelajaran siklus I ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 60 % dengan niai rata-rata 71. Karena ketuntasan belum
mencapai 80 % maka dilanjutkan ke siklus II dan ketuntasan meningkat hingga 85 % dan nilai rata-rata 80,5.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode WAFA, Ikhfa’ Haqiqi, Hasil Belajar, Peserta Didik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 11 Apr 2025 06:06
Last Modified: 11 Apr 2025 06:06
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item
View Item