HAMRIATI MAMMA, 1223 250 018 (2025) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM DI SDN 11GANDANGBATU SILLANAN. Other thesis, universitas muhammadiyah parepare.
SAMPUL_HAMRIATI MAMMA_1223 250 018_PAI.pdf - Submitted Version
Download (537kB) | Preview
PENDAHULUAN_HAMRIATI MAMMA_1223 250 018_PAI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I-V_HAMRIATI MAMMA_1223 250 018_PAI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN_HAMRIATI MAMMA_1223 250 018_PAI.pdf - Submitted Version
Download (691kB) | Preview
JURNAL_HAMRIATI MAMMA_1223 250 018_PAI.pdf - Submitted Version
Download (478kB) | Preview
Abstract
Hamriati Mamma, 2025. Pembimbing Dr. Salmiati, M.Pd.I dan Muh. Makki, S..Ag., M.Ag. Penulis mengangkat judul skripsi “Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN GandangbatuSillanan”. Tujuan
penelitian dilaksanakan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan menguraikan dampak implementasi kurikulum merdeka terhadap
pembentukan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Gandangbatu Sillanan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di SDN Gandangbatu Sillanan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan sumber data yaitu sumber data primer yaitu guru PAI, kepala
sekolah dan peserta didik dan sumber data sekunder berupa beberapa artikel dan hasil dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan pengumpulan data serta
penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Implementasi kurikulum merdeka di SDN Gandangbatu Sillanan dalam konteks pembelajaran Pendidikan
Agama Islam diawali dengan adanya persiapan dari guru PAI berupa mengikuti pelatihan atau bimbingan tentang kurikulum Merdeka serta menyiapkan modul
pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu dalam
mengimplementasikan kurikulum Merdeka guru PAI berupaya menggunakan metode variatif dalam pembelajaran agar peserta didik aktif serta menjunjung
pembelajaran berbasisi diferensiasi dalam pembelajaran., 2. Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter
peserta didik melalu pembelajaran PAI yang dikemas dengan baik oleh guru seperti membiasakan salam dan membaca doa sebelum pembelajaran dimulai. Selain itu
melalui kegiatan Profil Pelajar Pancasila (P5) peserta didik tidak hanya membangun kompetensi akademik, tetapi juga memperkuat pondasi moral dan etika peserta
didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Karakter Peserta Didik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 04:04 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 04:04 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1662 |