Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number head Together Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik

Jusman Tharihk, Andi and Jafar, Jusmiati and Karna, Amanda (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number head Together Terhadap Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. AURELIA: Jurnal penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4 (1). pp. 1445-1453. ISSN 2964-2493

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
Artikel Terbaru Anjus.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of Artikel_Terbaru2_jju.pdf]
Preview
Text
Artikel_Terbaru2_jju.pdf - Submitted Version

Download (398kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan kolaborasi peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran terhadap keterampilan kalobarasi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X Macca di SMAN 4 Parepare yang terdiri dari 7 Rombongan belajar. Pengambilan sampel diambil dengan teknik Random sampling yang diambil dari siswa kelas X Macca di SMAN 4 Parepare. Analisis data yang digunakan untuk melihat keterampilan kolaborasi menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X Macca SMA Negeri 4 Parepare. Hal ini ditunjukkan pengukuran dengan analisis dekriptif keterampilan kolaborasi peserta didik yaitu rata-rata persentase keterampilan kolaborasi peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran 54,68 (Cukup) dan Rata rata persentase setelah menggunaan model pembelajaran NHT 82, 69 (Sangat Baik). Hasil analisis data pengukuran statiska infersial di peroleh 0,000<α=0,05 maka H_1 diterima dan H_0 ditolak yang artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik kelas X Macca SMA Negeri 4 Parepare.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi
Depositing User: S.Pd,M.Pd Andi Jusman
Date Deposited: 14 Mar 2025 06:24
Last Modified: 14 Mar 2025 06:24
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item
View Item