EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA TIKUNGAN (LENGKUNG HORISONTAL) BERDASARKAN PEDOMAN DESAIN GEOMETRIK JALAN TAHUN 2021 (STUDI KASUS : JALAN SWAKA ALAM LESTARI)

220190140, RISNO (2025) EVALUASI GEOMETRIK JALAN PADA TIKUNGAN (LENGKUNG HORISONTAL) BERDASARKAN PEDOMAN DESAIN GEOMETRIK JALAN TAHUN 2021 (STUDI KASUS : JALAN SWAKA ALAM LESTARI). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.

[thumbnail of SAMPUL SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf]
Preview
Text
SAMPUL SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf - Submitted Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf - Submitted Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of BAB I  SAMPAI DAPUS SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf]
Preview
Text
BAB I SAMPAI DAPUS SKRIPSI RISNO_UMPAR_220190140.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN RISNO_UMPAR_220190140.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN RISNO_UMPAR_220190140.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL RISNO_220190140_SIPIL_EVALUASI GEOMETRIK JALAN.pdf]
Preview
Text
JURNAL RISNO_220190140_SIPIL_EVALUASI GEOMETRIK JALAN.pdf - Submitted Version

Download (461kB) | Preview

Abstract

Risno, Evaluasi Geometrik Jalan Pada Tikungan (Lengkung Horisontal) Berdasarkan Pedoman Desain Geometrik Jalan Tahun 2021 (Studi Kasus Jalan Swaka Alam Lestari). (dibimbing oleh Muhammad Nashir T dan Kasmaida). Jalan Swaka Alam Lestari memiliki perang penting dalam mendukung aksebilitas
dan mobilitas. Tujuan penelitian ini adalah evaluasigeometrik jalan pada alinyemen
horizontal, meliputi radius tikungan, kecepatan rencana, superelavasi dan jenis tikungan, berdasarkan Pedoman Desain Geometrik Jalan (PDGJ) tahun 2021. Dari
tujuh tikungan yang dievaluasi, di dapatkan empat tikugan Spiral-Spiral (S-S) dan tiga Spiral-Circle-Spiral (S-C-S). Hasil analisis kecepatan rencana 30-40 km/jam
menunjukkan sebagian besar tikungan sesuai standar desain untuk medan datar (<10%). Namun, tikungan PI-3 memiliki radius eksisting 16 meter yang tidak
memenuhi standar, sedangkan hasil analisis dibutuhkan radius minimun (Rmin) 28,07 meter, diperlukan perbaikan dengan radius rencana (RC) 40 meter dan jenis
tikungan Spiral-Circle-Spiral (S-C-S) serta kecepatan 30 km/jam. Adapun panjang jalan eksisting 1325 meter sedangkan hasil analisis yaitu 1212 meter. Semua
tikungan membutuhkan pelebaran perkerasan minimal 0,5meter untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Geometrik, Alinyemen Horisontal, Tikungan, PDGJ
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 06 Mar 2025 02:57
Last Modified: 06 Mar 2025 02:57
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item
View Item