HASRIYANTI, 1220330008 (2024) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X IPA 2 SMA NEGERI 5 ENREKANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Parepare.
SAMPUL_1220330008_HASRIYANTI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Download (39kB) | Preview
PENDAHULUAN_1220330008_HASRIYANTI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Download (403kB) | Preview
ISI_1220330008_HASRIYANTI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Download (354kB) | Preview
LAMPIRAN_1220330008_HASRIYANTI_PENDIDIKAN BIOLOGI.pdf
Download (2MB) | Preview
Jurnal Skripsi Hasriyanti.pdf
Download (130kB) | Preview
Abstract
2024. Pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagaisumber belajar terhadap hasil belajar biologi kelas x ipa 2 sma negeri 5 enrekang. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Parepare. Pembimbing : (1) Henny Setiawati(2)Jusmawati Jafar.Pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar biologi bagi
siswa agar pembelajaran yang berlangsung tidak membosankan. Siswa lebih mudah paham benda-benda yang ada disekitar lingkungan sekolah yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dipelajari, Kemudian membawa siswa langsung ketempatnya dengan itu siswa akan lebih memahami apa saja yang ada di lingkungan sekitar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil pembelajaran dan menganalisis
pengaruh pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 5 Enrekang.Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra-Eksperimen. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalahsiswa kelas XI
MIPA, dengan sampel siswa dari kelas XI MIPA2, pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Pengumpulan data
dilakukan melalui pemberian tes awal (Pretest) dan tes akhir(Posttest). Instrumen yang digunakan termasuk lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan
pendidik dalam mengelola pembelajaran, dan lembar tes hasil belajar biologi. Analisis data untuk hasil belajar biologi menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelumnya pembelajaran biologi hanya dilakukan di dalam kelas dengan menggunakan buku paket sebagai sumber belajar,
namun setelah menerapkan pemanfaatan lingkungan sekolah,aktivitas peserta didik meningkat menjadi aktif dan antusias. Analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa
pemanfaatan lingkungan sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar,
hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, terutama dalam materi klasifikasi tumbuhan. Hal ini disebabkan oleh ketertarikan dan motivasi peserta didik yang
terstimulasi oleh pengalaman belajar baru. Oleh karena itu, disarankan agar guru memanfaatkan lingkungan sekolah secara aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran biologi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Biologi, pemanfaatan lingkungan sekolah, sumber belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 01:06 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 01:06 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1575 |