Badolo, Mas'ud and Nurhasanah and Abdul Malik, Marwati (2024) PENGARUH KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika. pp. 120-128.
C10. ARTIKEL SINTA 3.pdf.pdf - Supplemental Material
Download (361kB) | Preview
Abstract
Siswa dibekali tingkatan kemampuan berpikir, maka penting pelajaran matematika di berikan salah satunya kemampuan berpikir kritis. Kemampuan HOTS yang berbeda-beda dimiliki siswa, sehingga hal ini juga mempengaruhi perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pengaruh kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post
Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 26 responden
dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes uraian sebanyak 3 nomor pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk mengetahui kemampuan HOTS dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik inferensial, dengan menguji hipotesis penelitian, dan analisis regresi linear sederhana digunakan untuk melihat hubungan antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif kemampuan HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HOTS, Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Sitti Hawa Labaja |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:09 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:09 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1551 |