IMPLEMENTASI METODE TAKRIR/TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR‟AN DI PESANTREN MAHASISWA YAYASAN AMAL JARIYAH INDONESIA KOTA PAREPARE

KHUSNUL KHOTIMAH, NIM : 220250027 (2024) IMPLEMENTASI METODE TAKRIR/TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR‟AN DI PESANTREN MAHASISWA YAYASAN AMAL JARIYAH INDONESIA KOTA PAREPARE. Other thesis, UNVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of SAMPUL_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Cover Image

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of ISI_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
ISI_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of lampiran_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf]
Preview
Text
lampiran_220250027_KHUSNUL KHOTIMAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL KHUSNUL KHOTIMAH.pdf]
Preview
Text
JURNAL KHUSNUL KHOTIMAH.pdf - Submitted Version

Download (289kB) | Preview

Abstract

Khusnul Khotimah, 2024. Implementasi Metode Tikrar/Takrir dalam Menghafal Al-Qur‟an di Pesantren Mahasiswa Yayasan Amal Jariyah Indonesia Kota Parepare.(Pembimbing I Ibu Dr. Andi Fitriani Djollong, M.Pd. dan Bapak Zainuddin, S.Pd.I., M.Pd. )Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui
kemampuan menghafal mahasantri, implementasi metode takrir/tikrar dalam menghafal Al-Qur‟an, serta faktor pendukung dan penghambat implementasi metode takrir/tikrar di Pesantren Mahasiswa Yayasan Amal Jariyah Indonesia.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer antara lain para Mahasantri dan Ustadz/ustadzah di Pesantren Mahasiswa YAJI dan sumber data sekunder antara lain hasil dokumentasi dan
berbagai literatur berupa buku, jurnal, artikel yang berkaitan dengan penelitian,instrumen penelitian yang digunakan yaitu peneliti itu sendiri, pedoman observasi,
pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan pengumpulan data serta
penarikan kesimpulan.Hasil penelitian yang didapatkan bahwa: 1) Kemampuan menghafal Mahasantri berbeda beda akan tetapi mengalami peningkatan dengan implementasi metode takrir/tikrar yang dilakukan di Pesantren Mahasiswa
Yayasan Amal Jariyah Indonesia Kota Parepare disebabkan karena seringnya melakukan pengulangan bacaan. Hal tersebut ditandai dengan kelancaran membaca Al-Qur‟an mahasantri yang semakin baik serta sesuai dengan kaidah tajwid dan adanya kegiatan tasmi‟ hafalan 1 juz dalam sekali duduk setiap selesai menyetorkan 1 juz hafalannya. 2) Bentuk penerapan metode takrir/tikrar di Pesantren Mahasiswa Yayasan Amal Jariyah Indonesia kota Parepare adalah dengan cara mahasantri membaca ayat yang akan dihafalkan di depan
ustadz/ustadzah untuk dikoreksi kemudian membaca selama 20x dan dihafalkan lalu disetorkan kepada ustadz/ustadzah dengan lancar, kemudian mengulangi 7x secara lancar hafalan yang telah disetorkan baik secara sendiri ataupun dengan
Mahasantri yang lain, setelah lancar baru boleh melanjutkan ke target berikutnya.3) Faktor pendukung metode takrir/tikrar adalah, faktor internal:motivasi dan
faktor eksternal:buku kontrol. Faktor penghambat internal adalah rasa malas dan kurangnya manajemen waktu serta banyaknya dosa. Faktor penghambat eksternal adalah lingkungan yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Menghafal Al-Qur‟an, Metode Takrir/tikrar, Pesantren Mahasiswa Yayasan Amal Jariyah Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:29
Last Modified: 23 Oct 2024 03:29
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item
View Item