PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAHDI TAMAN KANAK-KANAK PENDIDIKAN AL-QUR’AN TATHMAINNUL QULUB

RUSDIYANI, NIM : 220130002 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF HIJAIYAHDI TAMAN KANAK-KANAK PENDIDIKAN AL-QUR’AN TATHMAINNUL QULUB. Other thesis, UNVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of SAMPUL RUSDIYANI.pdf]
Preview
Image
SAMPUL RUSDIYANI.pdf - Cover Image

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN RUSDIYANI.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN RUSDIYANI.pdf - Submitted Version

Download (837kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - DAPUS Skripsi Rusdiyani-1.pdf]
Preview
Text
BAB I - DAPUS Skripsi Rusdiyani-1.pdf - Submitted Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN RUSDIYANI.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN RUSDIYANI.pdf - Submitted Version

Download (682kB) | Preview
[thumbnail of Artikel Rusdiyani.pdf]
Preview
Text
Artikel Rusdiyani.pdf - Submitted Version

Download (499kB) | Preview

Abstract

Rusdiyani (220130002) : Peran Guru Dalam Meningkatkan Pengenalan Huruf Hijaiyah Di Taman Kanak-Kanak Pendidikan Al-Qur’an Tathmainnul Qulub. Pembimbing 1, Ihwan Ridwan,S.Pd.,M.Pd,,Pembimbing 2 Dr.A. Hasdiansyah,M.Pd.,M.A Penelitian ini bertujuan untuk Untuk Mengetahui Peran Guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al- quran santri TK�TPA Tathmainnul Qulub Kota Parepare dan Untuk Mengetahui Efektifitas Media Pembelajaran Berbantuan Hijaiyah yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-quran
santri TK-TPA Tathmainnul Qulub Kota Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif,wawancara, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1)Penerapan pembelajaran dengan alat peraga menunjukkan hasil yang positif, terutama setelah dilakukan perbaikan pada tahap refleksi di setiap siklus. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas guru dan
peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas guru mendapat nilai 73 (kategori cukup), kemudian meningkat menjadi 89 (kategori baik) pada siklus II. Aktivitas peserta didik juga meningkat dari nilai 72 (kategori cukup) pada siklus I menjadi 92 (kategori sangat baik) pada siklus II. 2) Penggunaan alat peraga kartu gambar efektif dalam meningkatkan pengenalan huruf hijaiyah
di TK Tathmainnul Qulub. Pada pra siklus, nilai rata-rata peserta didik adalah 69,52 (kategori kurang), meningkat menjadi 73,91 (kategori Baik) pada siklus I, dan menjadi 80,04 (kategori baik) pada siklus II. Persentase peserta didik yang memahami huruf hijaiyah juga meningkat dari 30%
pada pra siklus, menjadi 57% pada siklus I,dan mencapai 83% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Huruf Hijaiyah, Pendidikan Holistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 23 Oct 2024 03:22
Last Modified: 23 Oct 2024 03:22
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item
View Item