THE EFFECT OF SCAFFOLDING METHOD TOWARD STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE IN SPEAKING AT SMAN 2 PAREPARE

MIFTAHUL REZKI, NIM : 218110003 (2024) THE EFFECT OF SCAFFOLDING METHOD TOWARD STUDENTS’ SELF-CONFIDENCE IN SPEAKING AT SMAN 2 PAREPARE. Other thesis, UNVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of File Sampul - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf]
Preview
Image
File Sampul - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf - Cover Image

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf - Submitted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of BAB (isi) - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf]
Preview
Text
BAB (isi) - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf - Submitted Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf]
Preview
Text
Lampiran - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf - Submitted Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf]
Preview
Text
Jurnal - 218110003_Miftahul Rezki_Pendidikan Bahasa Inggris.pdf - Submitted Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

MIFTAHUL REZKI. 2024. The Effect of Scaffolding Method Toward Students’Self-Confidence in Speaking at SMAN 2 Parepare. Supervised by Salasiah A.and Badaruddin.
Tujuan dari penelitian ini berfokus pada pengaruh metode scaffolding terhadap kepercayaan diri siswa dalam berbicara di UPTD SMAN 2 PAREPARE.Selama observasi awal di sekolah pada siswa tahun pertama,ditemukan bahwa satu kelas siswa tahun pertama menunjukkan kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kelas lainnya. Melalui beberapa investigasi,peneliti menemukan bahwa metode scaffolding telah diterapkan di kelas tersebut.Untuk menentukan apakah metode scaffolding benar-benar memiliki pengaruh signifikan
terhadap kepercayaan diri siswa dalam berbicara, penelitian ini dilakukan.Penelitian ini menggunakan desain ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif, yang berfokus pada kelas X.IPS.II,sebuah kelas dengan 26 siswa di
mana metode scaffolding telah diterapkan.Data dikumpulkan menggunakan dua kuesioner: satu untuk variabel X (metode scaffolding) dan satu lagi untuk variabel Y (kepercayaan diri siswa dalam speaking).Selain itu, daftar observational
chekclist juga digunakan untuk melengkapi dan memvalidasi data kepercayaan diri dari kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan IBM SPSS Versi 25 untuk platform Windows.Hasil analisis data dengan Pearson's product moment correlation coefficient menunjukkan bahwa nilai r (0,888) antara variabel X (metode scaffolding) dan variabel Y (kepercayaan diri siswa dalam speaking) lebih besar daripada r-tabel (0,388), yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, terdapat pengaruh yang signifikan dari metode scaffolding terhadap kepercayaan diri siswa
dalam berbicara, dan berdasarkan nilai r tersebut, pengaruh metode scaffolding terhadap kepercayaan diri siswa dalam speaking dapat diklasifikasikan sebagai sangat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Scaffolding, Kepercayaan diri, Kemampuan Speak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Inggris
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 23 Oct 2024 02:52
Last Modified: 23 Oct 2024 02:52
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item
View Item