Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Guru Mata Pelajaran IPA Dalam Kurikulum Merdeka

Nurdin, Anisa Nurfadilah and B, Mas'ud and Asisah, fni and Putri, Irene Ayu and Batubara, Muhammad Fathus Shiddiq and Musdalifah and Handayani, Nika and Nurjasia and Reski, Ria and Tammu, Thomas (2024) Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Guru Mata Pelajaran IPA Dalam Kurikulum Merdeka. Multiple : Journal Of Global and Multidiciplinary, 2 (5). pp. 1616-1623. ISSN E-ISSN 2988-7828

[thumbnail of 9. MAS'UD- OKE ARTIKEL PENGABDIAN.pdf]
Preview
Text
9. MAS'UD- OKE ARTIKEL PENGABDIAN.pdf - Submitted Version

Download (966kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Turnitin]
Preview
Text (Hasil Turnitin)
9. MAS'UD- Turnitin OKE ARTIKEL PENGABDIAN.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (989kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan guru untuk memenuhi kebutuhan individu dalam kelas, mempertimbangkan tingkat kesiapan, gaya belajar, minat, dan kebutuhan setiap siswa. Guru dapat memastikan bahwa setiap siswa memperoleh pengalaman belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka, sehingga meningkatkan kesadaran diri dan kemampuan mereka dalam mengembangkan kemampuan akademis. Dalam memenuhi kebutuhan siswa yang beragam maka diadakan
kegiatan seminar yang bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar menggunakan pendekatan berdiferensiasi. Seminar ini membantu guru memahami bagaimana memfasilitasi siswa untuk memilih cara belajar yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan bagaimana mengembangkan lingkungan belajar yang mendukung. Dengan demikian, guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa secara lebih efektif. Metode pelaksanaan yang digunakan pada kegiatan seminar yaitu pendekatan interaktif melalui diskusi tanya jawab yang diikuti oleh guru-guru mata pelajaran IPA jenjang SMP se-Kota
Parepare. Diskusi tersebut bertujuan untuk memperdalam pemahaman peserta tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana menerapkannya di kelas. Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 60 orang. Berdasarkan hasil testimoni yang panitia lakukan, peserta seminar merasa puas dan mereka menyatakan telah mendapatkan pengetahuan baru terkait implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi; Guru; Pelajaran IPA; Kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 12 Oct 2024 05:56
Last Modified: 12 Oct 2024 05:56
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item
View Item