Masita and Badolo, Mas'ud and Abdul Malik, Marwati and Melinda and Musrifah and Hasanah, Nur Izzatil and Syamsualam, Nurjaya and Nurserianti and Fadhilah, Nurul and Amelia, Riska and Bakri, Insani (2024) Peningkatan Pemahaman Profil Pelajar Pancasila Terhadap Guru IPS Tingkat SMP Se-Kota Parepare dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4 (2).
8. MAS'UD- OKE ARTIKEL PENGABDIAN JULI 2024.pdf - Submitted Version
Download (560kB) | Preview
8. MAS'UD- OKE ARTIKEL PENGABDIAN JULI 2024.pdf.pdf - Supplemental Material
Download (591kB) | Preview
Abstract
Profil Pelajar Pancasila (P3) merupakan karakter dan kemampuan yang harus dimiliki oleh pelajar Indonesia baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan bermasyarakat nantinya. Dalam proses implementasi Profil Pelajar Pancasila, masih
terdapat permasalahan berupa ketidaksiapan guru dalam memaknai P3 dan miskonsepsi terkait pelaksanaannya. Guru masih memiliki kendala dalam pemilihan waktu yang tepat dalam pelaksanaan P3 sehingga terkesan tidak inovatif dalam merancang sebuah projek
sesuai dengan karakteristik peserta didik yang dipilih serta kesalahpahaman bahwa setiap projek yang dilakukan harus menghasilkan sebuah produk. Tujuan dari kegiatan pengabdian berupa Seminar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tingkat SMP Bidang Studi IPS se-Kota Parepare adalah untuk mewadahi guru IPS dalam menumbuhkan pemahaman mengenai P5 di lingkungan sekolah sebagai bentuk pengembangan karakter
dalam kurikulum merdeka. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini dimulai dari tahap observasi kebutuhan guru melalui wawancara dan survei, tahap perencanaan, dan tahap pelaksanaan kegiatan seminar. Evaluasi tingkat keberhasilan
pengabdian dilakukan melalui hasil angket respon peserta seminar setelah mengikuti kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan angket, diperoleh persentase respon sebesar 93,86% dengan kategori sangat baik. Hasil evaluasi ini mengindikasikan bahwa kegiatan yang dilakukan mampu meningkatkan pengetahuan guru terkait P3, meningkatkan pemahaman dalam pengimplementasian P3, dan memotivasi guru untuk melaksanakan P3 di sekolah dengan baik. Dengan demikian, kegiatan pengabdian sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kemampuan guru dalam pengimplementasian profil pelajar pancasila.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Seminar P3, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika |
Depositing User: | Sitti Hawa Labaja |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 05:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 05:48 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1504 |