Peningkatan Keterampilan Guru Bahasa Inggris SMP/MTS se-Kota Parepare dalam Menyusun Modul Ajar yang Kontekstual dan Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Erwin and Badolo, Mas'ud and Abd. Malik, Marwati and Anggari, A.S. Anggung and Alqadri, Alim and Amir and Rahdiatullah, Andi Wanda and Annur, Miftah Syahdatin and Arif, Nurul Mutmainnah and Chaerunnisa, Rifkah (2024) Peningkatan Keterampilan Guru Bahasa Inggris SMP/MTS se-Kota Parepare dalam Menyusun Modul Ajar yang Kontekstual dan Efektif dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabadian Masyarakat, 4 (1). pp. 231-237. ISSN e-ISSN: 2798-5210;p-ISSN: 2798-5652 (Submitted)

[thumbnail of 4. MAS'UD- ARTIKEL PENGABDIAN GENAP 2023-2024.pdf]
Preview
Text
4. MAS'UD- ARTIKEL PENGABDIAN GENAP 2023-2024.pdf - Submitted Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Hasil turnitin]
Preview
Text (Hasil turnitin)
4. MAS'UD-Turnitin ARTIKEL PENGABDIAN GENAP 2023-2024.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (276kB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Bahasa Inggris SMP/MTs Se-Kota Parepare dalam menyusun modul ajar yang kontekstual dan efektif dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi tentang penyusunan modul ajar yang kontekstual dan efektif, sedangkan pendampingan dilakukan dengan membantu guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan konteks dan kebutuhan belajar peserta didik. Pelatihan dan pendampingan ini efektif dalam
meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar yang
kontekstual dan efektif sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya skor tes pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar, serta meningkatnya kualitas modul ajar yang dihasilkan oleh guru. Pengabdian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di SMP/MTs Se-Kota
Parepare. Modul ajar yang kontekstual dan efektif dapat membantu peserta didik untuk belajar dengan lebih bermakna dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, q, Kontekstual, Efektif, Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 12 Oct 2024 03:20
Last Modified: 12 Oct 2024 03:20
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item
View Item