Menumbuhkan Pemahaman Pofil Pelajar Pancasila Terhadap Guru PKn SMP Se Kota Parepare dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Irfan, Muhammad and Gunar, Eka Rahmawati and Kambuno, Firsty Kurniayu and Nurmala, Ika and Aidil, Muhammad and Rafika and Ramlah and Satriani and Badolo, Mas'ud and Abdul Malik, Marwati (2024) Menumbuhkan Pemahaman Pofil Pelajar Pancasila Terhadap Guru PKn SMP Se Kota Parepare dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Comserva : Jurnal Peneltian dan Pengabdian Masyarakat, 4 (1). pp. 135-144. ISSN e-ISSN: 2798-5210;p-ISSN: 2798-5652

[thumbnail of 3. MAS'UD- ARTIKEL PENGABDIAN 29 MEI 2024.pdf]
Preview
Text
3. MAS'UD- ARTIKEL PENGABDIAN 29 MEI 2024.pdf - Submitted Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Turnitin]
Preview
Text (Hasil Turnitin)
3. MAS'UD- Turntin ARTIKEL PENGABDIAN 29 MEI 2024.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (395kB) | Preview

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk dapat menumbuhkan pemahaman profil pelajar pancasila terhadap guru PKn SMP/MTs Se-Kota Parepare dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode ceramah yaitu dengan melaksanakan “Seminar Pendidikan”. Seminar Pendidikan dilakukan dengan memberikan materi dan contoh projek tentang menumbuhkan pemahaman profil pelajar pancasila dalam implementasi
kurikulum merdeka, hal ini dilakukan dengan membantu guru PKn agar dapat mengimplementasikan kepada peserta didik. Seminar Pendididikan ini efektif dalam menumbuhkan pemahaman profil pelajar pancasila terhadap guru yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Dalam proses pengabdian ini pemateri memberikan penguatan materi pemahaman profil pelajar
pancasiladan proses berbasis profil pelajar Pancasila yang berguna dalam memperdalam dan menambah pengetahuan mengenai profil pelajar pancasila. Hal ini dibuktikan dengan dapat menumbuhkan pemahaman guru tentang profil pelajar pancasila, sehingga dalam lebih menumbuhkan kualitas guru terhadap
pemahamannya tentang profil pelajar pancasila. Pengabdian ini memberikan kontribusi dalam menumbuhkan kualitas pemahaman profil pelajar pancasila terhadap guru PKn di SMP/MTs Se-Kota Parepare. Pemahaman profil pelajar Pancasila agar dapat membantu guru untuk bisa mengimplementasikan kepada peserta didik, sehingga bisa dengan lebih baik mengimplementasikan terhadap kurikulum merdeka. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian terhadap guru PKn di SMP/MTs Se-Kota Parepare menumbuhkan pemahaman profil pelajar pancasila melalui seminar Pendidikan. Melalui pengabdian ini penulis mengajak untuk menyebarluaskan mengenai profil pelajar Pancasila dalam
implementasi kurikulum merdeka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pofil Pelajar Pancasila, Implementasi, PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 12 Oct 2024 03:12
Last Modified: 12 Oct 2024 03:12
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item
View Item