Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IX SMPN 10Parepare Menggunakan Pendekatan TaRL dan Model PBL

Laimbong, Andi Dulung and B, Mas'ud and Abd. Malik, Marwati and Syafe'i, Muhammad and Aidil, Muhammad and Restiani and Satriani, Satriani and Fadhilah, Nurul (2024) Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas IX SMPN 10Parepare Menggunakan Pendekatan TaRL dan Model PBL. Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan (AJPP), 3 (2). pp. 29-35. ISSN 2963-8933

[thumbnail of 1. MAS'UD- ARTIKEL JUNI 2024.pdf]
Preview
Text
1. MAS'UD- ARTIKEL JUNI 2024.pdf - Submitted Version

Download (619kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Turnitin]
Preview
Text (Hasil Turnitin)
1. MAS'UD- Turnitin ARTIKEL JUNI 2024.pdf.pdf - Supplemental Material

Download (644kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan kolaborasi siswa kelas IX SMPN 10 Parepare melalui penerapan pendekatan pembelajaran TaRL dan model PBL. Jenis penyidikan ini merupakan penyidikan gugatan kelompok gabungan dan akan dilakukan dalam dua siklus penyidikan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 10 Parepare yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data meliputi penyebaran angket keterampilan kolaborasi untuk menilai keterampilan kolaborasi siswa, lembar observasi untuk mengamati keterampilan kolaborasi siswa selama proses tindakan pembelajaran, dan monitoring peningkatan hasil belajar meliputi post-test dan pembagian LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model PBL dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase keterampilan kolaborasi
sebesar 62%, Siklus I sebesar 72%, dan Siklus II sebesar 87%. Terkait peningkatan hasil belajar siswa, angka ketuntasan belajar sebesar, dengan tingkat ketuntasan pada siklus
sebelumnya sebesar 70%, pada siklus 1 sebesar 88%, rata-rata kelas sebesar 81,82, dan pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 96% dan rata-rata kelas adalah 89,6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendekatan TaRL, model PBL, keterampilan kolaborasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika
Depositing User: Sitti Hawa Labaja
Date Deposited: 12 Oct 2024 02:59
Last Modified: 12 Oct 2024 02:59
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item
View Item