MUHARDI, NIM. 222310041 (2024) PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK DI SMPN 5 SATAP BARAKA KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310041_Muhardi_PAI Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (64kB) | Preview
Pendahuluan 222310041_Muhardi_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (480kB) | Preview
Isi 222310041_Muhardi_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (643kB) | Preview
Lampiran 222310041_Muhardi_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel 222310041_Muhardi_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta empiris di lapangan bahwa di SMPN 5 Baraka, kepemimpinan kepala sekolah belum optimal, sehingga berdampak pada kinerja guru dalam mengajar dan membimbing siswa, yang terlihat dari rapor pendidikan beberapa tahun sebelumnya. Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana pengaruh kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Satap Baraka dalam meningkatkan prestasi peserta didik? Bagaimana strategi kepala sekolah SMPN 5 Satap Baraka dalam meningkatkan prestasi siswa di SMPN 5 Satap Baraka?
Bagaimana implikasi kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SMPN 5 Satap Baraka? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Satap Baraka dalam mengakomodasi para guru dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan hasil pembelajaran yang berdampak langsung pada peserta didik. Tujuan dan kegunaan penelitian ini adalah: memberikan gambaran tentang kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru di SMPN 5 Satap Baraka, memberikan gambaran tentang stRategi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didik di SMPN 5 Satap Baraka, serta
memberikan gambaran tentang implikasi kepala sekolah dalam meningkatkan Kinerja guru di SMPN 5 Satap Baraka menjadi masukan bagi kepala sekolah dan para guru di SMPN 5 Satap Baraka untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Selain itu, hasil penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan rujukan bagi pembaca dan peneliti di masa mendatang. Model penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui bahwa kepemimpinan kepala sekolah di SMPN 5 Satap Baraka dalam meningkatkan kinerja guru dapat semakin baik dengan adanya faktor-faktor strategis yang
mempengaruhi peningkatan kinerja guru. Faktor-faktor tersebut meliputi: perhatian khusus terhadap visi dan misi yang jelas, pembangunan tim kerja yang solid, peningkatan kompetensi guru, observasi secara berkelanjutan, penggunaan teknologi, dukungan masyarakat, dan sarana prasarana yang
memadai.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 01:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 01:23 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1492 |