Muh. Takri, NIM.222310040 (2024) PEMANFAATAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SDN 165 PUDETE KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (70kB) | Preview
Pendahuluan 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (343kB) | Preview
Isi 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (521kB) | Preview
Lampiran 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (577kB) | Preview
Artikel 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (258kB) | Preview
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran yang kontekstual yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning). CTL Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dan metode
dokumentasi, dimana data yang diperoleh dikelola dengan cara mereduksi data kemudian menyajikan data dan membuat kesimpulan metode tersebut diyakini dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Rumusan masalah bedasarkan latar belakang bagaimana implementasi CTL pada mata pelajaran PAI di kelas VI di SDN 265 Pudete apakah strategi CTL memotivasi siswa untuk belajar serta apa kendala dan solusi dalam penerapan CTL pada mata pelajaran PAI dikelas VI SDN 165 Pudete Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi strategi CTL pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang serta mengetahui pendekatan CTL dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang dan mengetahui kendala dan solusinya dalam implementasi CTL pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang dengan menggunakan penelitian kualitatif
Hasil penelitian ini menunjukkan: Implementasi strategi CTL pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VI SDN 165 Pudete yaitu dengan membuat Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, selanjutnya melakukan refleksi. Strategi CTL dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten dan menjadi Kendala dalam penerapan CTL yaitu terdapat keberagaman karakteristik peserta didik dalam hal pengetahuan dan keterampilan, baik dari aspek kognitif,
afektif, maupun psikomotorik, Kurangnya Kepercayaan Diri Siswa dalam Diskusi, masih ditemukannya peserta didik yang belum mampu membaca Al�Qur'an dengan baik adapun solusi dari permasalah diatas yaitu dengan Guru PAI memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa yang kurang aktif, membangkitkan rasa ingin tahu siswa, mendorong siswa untuk saling bertanya
dan menjawab pertanyaan dan Memberikan Penghargaan (Reward).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, CTL, Motivasi, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 01:17 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 01:17 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1491 |