MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 ALLA KABUPATEN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

ARDIANTO, NIM. 222310014 (2024) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 ALLA KABUPATEN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of FAIL SAMPUL. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf]
Preview
Image
FAIL SAMPUL. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf - Cover Image

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of BAB (Isi). 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf]
Preview
Text
BAB (Isi). 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL TESIS. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf]
Preview
Text
JURNAL TESIS. 222310014_ARDIANTO_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang bagaimana cara meningkatkan minat belajar PAI dengan menerapkan manajemen pembelajaran di SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan Menganalisis strategi manajemen pembelajaran yang efektif dalam merangsang minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
pedagogik dan psikologis. Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan; observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan pengujian keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber, Triangulasi metode/teknik dan Triangulasi waktu;
Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa; Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip inklusifitas, kesetaraan, dan penghormatan terhadap keberagaman dalam kepercayaan
dan praktik keagamaan. Manajemen pembelajaran PAI yaitu; perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri menunjukkan tingkat antusiasme yang tinggi, tercermin dari keterlibatan aktif mereka dalam diskusi dan pembelajaran, memperkuat pemahaman dan penghayatan terhadap nilai-nilai agama Islam. Hal ini mendorong potensi peningkatan dalam pemahaman
keagamaan serta penerapan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Bentuk minat peserta didik terlihat diantaranya; perhatian peserta didik terhadap pembelajaran
PAI sudah baik, mampu memanfaatkan waktu luang untuk belajar, dan peserta didik berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Peran manajemen dalam meningkatkan minat
belajar peserta didik pada SMP Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang sangat vital. Melalui strategi pengelolaan yang efektif, manajemen dapat menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi dan memfasilitasi pertumbuhan akademik serta minat belajar yang tinggi. Manajemen pembelajaran memiliki peranan penting dalam suatu kegiatan pembelajaran, karena metode yang dipilih dan digunakan pada saat berlangsungnya
kegiatan pembelajaran bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Minat Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 12 Oct 2024 01:07
Last Modified: 12 Oct 2024 01:07
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item
View Item