MEGAWATI, NIM: 221370026 (2024) OPTIMALISASI KINERJA GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PINRANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul221370026_Megawati_Prodi Pend. Agama Islam Program Doktor.pdf - Cover Image
Download (96kB) | Preview
Pendahuluan21370026_Megawati_Prodi Pend. Agama Islam Program Doktor.pdf - Submitted Version
Download (452kB) | Preview
Isi21370026_Megawati_Prodi Pend. Agama Islam Program Doktor.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran21370026_Megawati_Prodi Pend. Agama Islam Program Doktor.pdf - Submitted Version
Download (810kB) | Preview
Artikel21370026_Megawati_Prodi Pend. Agama Islam Program Doktor.pdf - Submitted Version
Download (362kB) | Preview
Abstract
Penelitian disertasi ini bertujuan untuk: (1) endeskripsikan secara konkrit langkah-langkah supervisi akademik Kepala Madrasah dalam mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang; (2) Pendekatan dan model supervisi akademik Kepala Madrasah
dalam mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang (3) mendeskripsikan kinerja guru Pendidikan Agama Islam di MAN Pinrang; (4) implikasi supervisi akademik kepala madrasah dalam
mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Jenis penelitian disertasi ini adalah kualitatif. dan berlokasi di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan
fenomenologis. Sumber data yaitu kepala madrasah, guru, dan peserta didik (data primer) dan data sekunder berupa administrasi pembelajaran guru, laporan hasil pembelajaran, buku, dan dokumen yang terkait. Instrumen penelitian adalah
peneliti sendiri dan dibantu oleh instrument pengumpulan data, yaitu panduan observasi, pedoman wawancara mendalam, cheeklist, kamera digital, dan studi dokumen. Metode pengumpulan data, yaitu observasi partisipan, wawancara
mendalam, dan studi dokumen. Teknik pengelolaan data dan analisis data, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data, yaitu credibility (derajat kepercayaan), Transferability (keteralihan), dependability (kebergantungan), dan confirmability (kepastian).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Langkah-langkah
supervisi akademik Kepala Madrasah dalam mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang ada tiga tahap, yaitu sebagai berikut: Pertama, tahap penyusunan perencanaan supervisi akademik yang berisi program kegiatan supervisi yang disusul dengan sosialisasi kepada dewan guru; kedua, tahap pelaksanaan supervisi yang meliputi pemantauan terhadan kesiapan guru, baik secara adminstratif maupun sikap atau mental; dan ketiga, tahap evaluasi dan tindak lanjut yang dialakuan secara periodik. Kedua, Pendekatan tau model supervisi akademik Kepala Madrasah untuk mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang ada tiga, yaitu sebagai berikut: Pertama, model atau pendekatan langsung (direktif), yaitu dengan langsung memberikan layanan bimbingan kepada guru secara idividu maupun kelompok; kedua, model atau pendekatan
tidak langsung (non-direktif), yaitu dengan hanya menekankan untuk memdomani xv peraturan yang berkatian kinerja guru; dan ketiga, model atau pendekatan penggabungan (kolaboratif) antar secara langsung (direktif) dengan tidak langsung
(non-direktif). Ketiga, kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang, yaitu kemampuan para guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, mampu menguasai bahan ajar, memiliki kemapuan dalam pengelolaan kelas, memiliki kemapuan daLam melakukan pengemabangan bahan
ajar dan kurikulum, memiliki kemampuan melaksanakan bimbingan pada peserta didik serta memiliki kemampuan melaksanakan evaluasi atau asesmen pembelajaran. Adapun kompetensi yang dimiliki oleh guru Pendidikan Agama
Islam yaitu meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. Keempat, Implikasi supervisi akademik Kepala Madrasah dalam mengoptimalkan kinerja guru Mata Pelajaran Agama Islam adalah para guru telah memiliki kemampuan untuk membuat perencanaan pembelajaran, penguasaan dan pengembangan bahan ajar, pengelolaan kelas, dan melaksanakan pembimbingan kepada peserta ddik serta melakukan evaluasi atau asesmen pembelajaran. Kemampuan ini menggambarkan bahwa para guru Mata Pelajaran Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang relatif telah dapat disebut memiliki kompetensi paedagogikk, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional. Penelitian ini berimplikasi bagi pemangku kepentingan dan aktivis pendidikan, yaitu kepala madrasah tugasnya sebagai supervisor harus melaksanakan secara professional dengan memperhatikan rambu-rambu dalam
pelaksanaan supervisi akademik. Peningkatan kualitas atau mutu pembelajaran sangat diharapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Maka dari itu, kepala madrasah sangat memegang peranan penting dalam mendorong dan meningkatkan kinerja para guru. dalam peningkatan kinerja guru dan mutu Pembelajaran di madrasah, kepala madrasah harus mampu berperan aktif dalam memberikan bimbingan dan bantuan kepada guru yang mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugasny
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Dan Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 12 Oct 2024 00:59 |
Last Modified: | 12 Oct 2024 00:59 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1489 |