NILAI-NILAI PENDIDIKAN TERHADAP ASAL-USUL KEJADIAN MANUSIA DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sahril, NIM. 217370003 (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TERHADAP ASAL-USUL KEJADIAN MANUSIA DALAM PERSFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf]
Preview
Image
Sampul 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf - Cover Image

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf - Submitted Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of Isi 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf]
Preview
Text
Isi 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf]
Preview
Text
Lampiran 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf - Submitted Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Artikel 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf]
Preview
Text
Artikel 217370003_Sahril_Prodi.Pend.Agama islam Pasacasarjana Program Doktor.pdf - Submitted Version

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan substansi asal usul kejadian manusia. (b) Untuk Mendeskripsikan nilai pendidikan terhadap asal usul kejadian manusia. (c) Untuk mendeskripsikan persfektif pendidikan Islam tentang asal usul kejadian manusia Kegunaan Penelitian. Jenis penelitian disertasi ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data bersifat kepustakaan atau berasal dari berbagai literatur, di antaranya buku, jurnal, surat kabar, dokumen pribadi dan lain sebagainya. Tahap pengumpulan data yaitu mengumpulkan bahan penelitian, membaca bahan kepustakaan, membuat catatan penelitian, mengolah catatan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu (content analysis) atau kajian isi. Teknik analisis data yaitu; analisis konten, analisis induktif, deskriptif analitik. Hasil penelitian ini adalah: Substansi asal-usul kejadian manusia adalah karna manusia merupakan makhluk paling utama, manusia juga menjadi makhluk paling sempurna melebihi makhluk-makhluk lain, bahkan berpeluang melebihi
malaikat. Buktinya, Allah swt, tidak mengangkat malaikat menjadi khalifah, akan tetapi tugas diamanatkan kepada manusia. Kelebihan manusia dari makhluk lain karena manusia memiliki empat daya. (1) Daya tubuh, yang memungkinkan
manusia memiliki kemampuan pengembangan dan keterampilan; (2) Daya hidup yang memungkinkan manusia memiliki kemampuan menyesuaikan diri dan mempertahankan hidup serta berkembang sesuai dengan tantangan alamnya; (3) Daya akal yang memungkinkan manusia memiliki kemampuan ilmu dan teknologi, sehingga ia mampu mengolah alam semesta beserta isinya untuk
kepentingan hidup. Melalui daya akal manusia juga mampu merenungkan dan memahami sunnatullah; dan (4) Daya kalbu yang memungkinkan manusia memiliki kemampuan moral, estetika, etika untuk membedakan baik dan buruk atau tata nilai, menilai spiritualitas dan menerima kebesaran Sang Pencipta. Nilai￾nilai Pendidikan Terhadap Asal Usul Kejadian Manusia adalah Manusia sebagai Makhluk Tuhan, Manusia sebagai Kesatuan Badan-Roh, manusia sebagai makhluk individu, manusia sebagai makhluk social, manusia sebagai makhluk berbudaya, manusia sebagai makhluk susila, dan manusia sebagai makhluk beragama. Asal Usul Kejadian Manusia Persfektif Pendidikan Agama Islam adalah Manusia terdiri dari unsur jasmani dan rohani, Manusia adalah makhluk
yang berilmu, Manusia terkait dengan amanat dan tanggung jawab, Manusia adalah makhluk yang terkait dengan moral atau akhlak, dan Manusia adalah makhluk yang penuh dengan kekurangan/kelamahan. Penelitian ini berimplikasi kepada Bahwa salah satu cara yang ditempuh oleh al-Qur’an dalam menghantarkan manusia untuk menghayati petunjuk-petunjuk Allah ialah dengan cara memperkenalkan jati diri manusia itu sendiri, bagaimana asal kejadiannya, dari mana datangnya, dan seterusnya. Di sisi lain juga ditegaskan bahwa mengenal manusia merupakan media untuk mengenal Tuhan-Nya (man ‘arafa nafsahu faqad ‘arafa rabbahu). Bahwa proses kejadian
manusia menurut al-Qur’an pada dasarnya melalui dua proses dengan enam tahap, yaitu proses fisik dan prodses nonfisik. Sedangkan secara non fisik, yaitu merupakan tahap peniupan ruoh pada diri manusia sehingga ia berbeda dengan makhluk lainnya. Pada saat ini menusia memiliki berbagai potensi, fitrah dan hikmah yang hebat dan unik, baik lahir maupun batin. Pendidikan dalam Islam antara lain diarahkan pada pengembangan jasmani dan rohani manusia secara harmonis, serta pengembangan fitrah manusia secaRa terpadu. Bahwa proses kejadian manusia yang tertuang dalam al-Qur’an tersebut ternyata semakin diperkuat oleh penemuan-penemuan ilmiah, sehingga lebih memperkuat keyakinan manusia akan kebenaran al-Qur’an sebagai wahyu Allah swt. Pendidikan dalam Islam antara lain juga diarahkan kepada pengembangan
semangat ilmiah untuk mencari dan menemukan kebenaran ayat-ayat-Nya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Asal Usul Kejadian Manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 11 Oct 2024 05:11
Last Modified: 23 Oct 2024 02:21
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item
View Item