APLIKASI GAME PETUALANGAN PENGENALAN ALAT TRADISIONAL SULAWESI SELATAN

AIDI FAIZ, NIM. 217 280 010 (2024) APLIKASI GAME PETUALANGAN PENGENALAN ALAT TRADISIONAL SULAWESI SELATAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Image
Sampul_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf - Cover Image

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of BAB(ISI)_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
BAB(ISI)_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf]
Preview
Text
Lampiran_Aidi faiz_217280010_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ACC Jurnal Aidi Faiz_217280010.pdf]
Preview
Text
ACC Jurnal Aidi Faiz_217280010.pdf - Submitted Version

Download (536kB) | Preview

Abstract

Aidi Faiz, Pembuatan Aplikasi Game Petualangan Pengenalan Alat Tradisional Sulawesi Selatan. (Dibimbing Oleh Wahyuddin Dan A.Irmayani Pawelloi).Di era digital saat ini, minat anak terhadap game semakin tinggi, namun seringkali game yang dimainkan hanya memberikan hiburan tanpa nilai edukasi.
Hal ini menimbulkan tantangan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam memanfaatkan media yang digemari anak-anak sebagai alat pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menciptakan game petualangan yang mengintegrasikan unsur-unsur budaya Sulawesi Selatan ke dalam gameplay yang menarik. Diharapkan, game ini tidak
hanya memberikan hiburan, tetapi juga pengalaman belajar yang interaktif dan bermanfaat bagi anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental, dengan memanfaatkan perangkat lunak seperti Unity, Blender, dan Visual Studio Code untuk pengembangan game. Pengujian dan implementasi game
dilakukan di laboratorium Universitas Muhammadiyah Parepare. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi game petualangan berhasil mengintegrasikan berbagai unsur budaya Sulawesi Selatan, seperti senjata adat, pakaian adat, dan makanan tradisional, dengan baik ke dalam alur permainan.
Dengan demikian, game ini mampu meningkatkan pemahaman anak-anak tentang budaya lokal, sekaligus memberikan pengalaman bermain yang tidak hanya menarik tetapi juga mendidik. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam menggabungkan hiburan dengan pendidikan budaya secara efektif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: 3D , Blender , Game , Interaktif, Unity
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:10
Last Modified: 09 Oct 2024 03:10
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item
View Item