JAMILAH, NIM : 222310010 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 13 CURIO KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310010_Jamilah_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (59kB) | Preview
Pendahuluan 222310010_Jamilah_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (392kB) | Preview
Isi 222310010_Jamilah_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310010_Jamilah_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (881kB) | Preview
Artikel 222310010_Jamilah_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Strategi Guru PAI dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Peserta Didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang.SD Negeri 13 Curio belum menerapkan sistem dan kegiatan agama yang baik, rutin dan terstruktur.SD Negeri 13 Curio belum mengadakan kegiatan yang dapat membentuk sikap dan kepribadian peserta didik, Fokus penelitian ialah membentuk
karakter religius pada peserta didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang sehingga muncul pertayaan sebagai berikut : Bagaimana strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam membentuk sikap dan kepribadian pada peserta didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang?, Bagaimana sikap dan kepribadian peserta
didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang?, Upaya apa saja yang dilakukan guru PAI dalam membina sikap dan kepribadian peserta didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap dan kepribadian pada peserta didik di SD Negeri 13 Curio. Guru PAI berupaya mengimplementasikan strategi pembelajaran yang tidak hanya fokus pada pemahaman kognitif, tetapi juga pada internalisasi nilai-nilai keagamaan dan karakter mulia. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogis, Pendekatan yuridis, Pendekatan sosiologis, theology, dan sosiologis. Teknik pengumpulan data; observasi,wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis; pengumpulan data,
kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, teknik analisis data studi kasus.Hasil penelitian ini bahwa, Strategi guru PAI dalam membentuk sikap dan kepribadian peserta didik mencakup pendekatan yang holistik dan terpadu. Melalui
pembelajaran yang interaktif, penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari�hari,serta contoh-contoh nyata dalam praktik keagamaan, guru mampu membimbing peserta didik untuk menginternalisasi nilai-nilai moral, etika, dan spiritualitas Islam. Sikap dan kepribadian peserta didik tercermin sebagai hasil dari beragam faktor, termasuk interaksi dengan lingkungan, pengaruh keluarga,dan pendidikan formal di sekolah. Melalui pendekatan yang komprehensif dalam pembelajaran dan pembinaan karakter, sekolah mampu memperkuat nilai-nilai
positif seperti kerjasama, tanggung jawab, dan kedisiplinan. Upaya guru PAI dalam membina sikap dan kepribadian peserta didik di SD Negeri 13 Curio Kabupaten Enrekang dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan melalui pendekatan personalisasi, guru tidak hanya memberikan pemahaman tentang ajaran agama,tetapi juga memberikan contoh konkret dan mendampingi peserta didik dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi guru, sikap dan kepribadian peserta didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:41 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:41 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1408 |