PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI 87 TALLANG RILAU KABUPATEN ENREKANG

SUDIRMAN, NIM : 222310007 (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SD NEGERI 87 TALLANG RILAU KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf]
Preview
Image
Sampul 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf - Cover Image

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of Isi 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Isi 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Lampiran 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Artikel 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Artikel 222310007_Sudirman_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Peran Orang Tua da lam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam SD Negeri 87 Tallang Rilau Kabupaten Enrekang.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:a)Gambaran prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SD Negeri 87 Tallang Rilau Kabupaten Enrekang. b)Pentingnya pelibatan orang tua dalam dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik di SD Negeri 87 Tallang Rilau Kabupaten Enrekang. c) Memahami faktor pendukung dan penghambat dalam melibatkan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 87 Tallang Rilau Kabupaten Enrekang. Hal ini dilatar belakangi adalah pentingnya memberikan perhatian ekstra terhadap pendidikan agama anak-anak mereka sebagai upaya untuk membentuk karakter dan moral yang baik sejak dini, membantu
menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dan memahami materi pelajaran, juga menjadi dorongan signifikan bagi peningkatan prestasi belajar.Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif kualitatif dengan pendekatan Pendekatan study kasus.Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis;reduksi data, display data dan verifikasi. Uji keabsahan data, meningkatkan
ketekunan, triangulasi dan member check.Hasil dari penelitian ini bahwa, Gambaran Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam bahwa peserta didik menunjukkan keterlibatan yang baik dalam
pembelajaran agama Islam, tercermin dari capaian nilai dan partisipasi aktif dalam kegiatan keagamaan di sekolah. Meskipun terdapat tantangan dalam hal sumber daya dan lingkungan belajar, upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam tampaknya memberikan hasil yang
menggembirakan, menandakan komitmen yang kuat terhadap pengembangan spiritual dan moral peserta didik. Pentingnya Pelibatan orang tua agar tercipta sinergi antara lingkungan sekolah dan keluarga yang mendukung pembelajaran agama Islam. Orang tua yang terlibat secara langsung dapat memberikan dukungan moral, motivasi, dan bimbingan kepada anak-anak mereka, serta turut aktif dalam kegiatan-kegiatan keagamaan di sekolah. Dengan demikian, pelibatan orang tua tidak hanya memperluas pengalaman belajar anak di luar kelas, tetapi juga
menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan spiritual dan moral mereka.Faktor Pendukung dan Penghambat Pelibatan Orang Tua dalam Meningkatkan prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 87 Tallang Rilau Kabupaten Enrekang dimana Faktor pendukung, seperti komunikasi yang terbuka antara sekolah dan orang tua, dukungan sosial dalam komunitas, serta pemahaman yang kuat akan pentingnya pendidikan agama,dapat memperkuat keterlibatan orang tua. Namun, terdapat juga faktor penghambat,seperti keterbatasan waktu dan sumber daya orang tua, perbedaan pemahaman atau
prioritaskan terhadap pendidikan agama,serta hambatan komunikasi antara sekolah dan keluarga.Penyadaran akan faktor-faktor ini penting untuk merancang strategi yang efektif dalam meningkatkan partisipasi orang tua sehingga dapat berkontribusi
secara positif terhadap prestasi belajar peserta didik dalam Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Prestasi Belajar PAI.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:35
Last Modified: 09 Oct 2024 02:35
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1407

Actions (login required)

View Item
View Item