DURIANI ANSHAR, NIM : 22231009 (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKANSIKAP SPRITUAL PESERTA DIDIK DI SDN KECIL LIBA KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310009_Duriani Anshar_PAI.Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (61kB) | Preview
Pendahuluan 222310009_Duriani Anshar_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (361kB) | Preview
Isi 222310009_Duriani Anshar_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310009_Duriani Anshar_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (700kB) | Preview
Artikel 222310009_Duriani Anshar_PAI.Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Meningkatkan Sikap Spritual Peserta Didik Di SDN Kecil Liba Kabupaten Enrekang.tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui; a) Implementasi kegiatan keagamaan dapat
meningkatkan sikap spiritual peserta didik. b) Dampak kegiatan keagamaan dapat meningkatkan sikap spiritual peserta didik. c) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik di SDN Kecil Liba Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah pentingnya pendidikan keagamaan sebagai fondasi dalam pengembangan pribadi peserta didik.Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi dan paradigma konstruktivisme. Teknik
pengumpulan data; observasi,wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis;pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,teknik analisis data studi kasus. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas.Hasil dari penelitian ini bahwa, Implementasi kegiatan keagamaan dapat meningkatkan sikap spiritual peserta didik adalah; membiasakan shalat dhuha
berjamaah di sekolah, membiasakan untuk membaca Al-Qur’an, dan memprogramkan shalat dzuhur berjamaah sebelum pulang sekolah bagi kelas yang pulang setelah dzuhur.Dampak kegiatan keagamaan dimana berdampak pada diri siswa sendiri, lingkungan
sekolah, dan lembanga sekolah, dengan mengembangkan sikap spiritual ini membawa prestasi dengan baik. hal ini terihat ketika masuk kelas, mereka langsung menyiapkan diri untuk bertadarus Al-Qur’an, mereka mengerti pada saat jadwal sholah dhuha mereka, ketika waktu sholat dzuhur mereka segera mengambil wudhu untuk menunaikan sholat dzuhur berjama’ah. Faktor-faktor pendukung adalah lingkungan sekolah yang mendukung, seperti adanya kegiatan keagamaan secara berkala,
penanaman nilai-nilai moral melalui kurikulum agama, serta peran aktif guru dan staf sekolah dalam memberikan teladan dan bimbingan spiritual kepada peserta didik dan penghambat dalam meningkatkan sikap spiritual peserta didik di SDN Kecil Liba
Kabupaten Enrekang yaitu seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan spiritual di kalangan masyarakat, keterbatasan sumber daya dan fasilitas di sekolah,serta tantangan dalam menghadapi berbagai persoalan sosial yang dapat mengganggu perkembangan spiritual peserta didik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Keagamaan, Sikap Spiritual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:29 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:29 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1406 |