BASIR, NIM : 222310012 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JENIS MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 91 SUMBANG KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310012_Basir_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (210kB) | Preview
Pendahuluan 222310012_Basir_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (375kB) | Preview
Isi 222310012_Basir_Pend. Agama Islam Pascasarjana (1).pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310012_Basir_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (762kB) | Preview
Artikel 222310012_Basir_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Penerapan Model Kooperatif Jenis Make a Match dalam meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 91 Sumbang Kabupaten Enrekang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; a) penerapan Model make a match pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 91 Sumbang Kabupaten Enrekang. b) hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 91 Sumbang Kabupaten Enrekang. c) hasil belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya Model make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 91 Sumbang Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah kebutuhan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang
lebih interaktif, kolaboratif, dan menyenangkan.Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian
tindakan kelas. Teknik dan alat pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi dan catatan lapangan. Dengan teknik analisis; reduksi data,penyajian data, simpulan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa,Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya Model Kooperatif Jenis make a match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 91 Sumbang Kabupaten Enrekang bahwa dari 12 peserta didik pada tes awal yang berhasil mendapatkan nilai di atas 75 berjumlah 3 peserta didik dengan presentase 25% dan yang belum memenuhi nilai KKM berjumlah 9 peserta didik dengan presentase 75%. Dengan nilai rata-rata 70,7. Aktivitas belajar perserta didik dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 40%. Peningkatan tertinggi terjadi pada indikator dimana peserta didik saling
bekerja sama dalam tugas kelompoknya dengan persentase sebesar 91% dan peningkatan terendah terjadi pada indikator peserta didik bertanya tentang materi pelajaran dengan persentase sebesar 83%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Jenis Make a Match, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:17 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:17 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1404 |