IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISTIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 168 SUMBANG KABUPATEN ENREKANG

Yusri, NIM : 222310011 (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISTIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 168 SUMBANG KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf]
Preview
Image
Sampul 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Cover Image

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Isi 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf]
Preview
Text
Isi 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf]
Preview
Text
Lampiran 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of Artikel 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf]
Preview
Text
Artikel 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Implementasi nilai-nilai humanistik dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 168 Sumbang, Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dengan guru PAI dan guru bidang studi lainnya,.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan humanistik dalam pembelajaran PAI di SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang yaitu dengan menempatkan perhatian pada pengembangan kepribadian siswa secara holistik, serta menciptakan lingkungan belajar yang baik, memperhatikan
nilai humanistik dalam mengintegrasikan pada pengalaman pembelajaran,membantu siswa berkembang secara menyeluruh serta penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Konteks Humanistik yang didukung oleh penggunaan Metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa: seperti pendekatan aktif, kolaboratif,berbasis proyek, diferensiasi, dan reflektif. Faktor penghambat penerapan pendidikan humanistik pada proses pembelajaran PAI di SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang adalah keterbatasan sumber daya, keterbatasan waktu pelajaran, serata kurangnya pelatihan tentang pendekatan humanistik. Faktor pendukung penerapan pendidikan humanistik pada proses pembelajaran PAI di
SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, keterlibatan aktif orang tua siswa, kerjasama antar guru, dan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai agama Islam yang dimiliki oleh guru.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa saran yang dapat diberikan: kepada Sekolah dan para guru agar terus meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama Islam dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diselaraskan dengan pendekatan humanistik dalam pembelajaran. Ini dapat dilakukan melalui pelatihan, pembinaan, dan refleksi diri secara terus-menerus

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, humanistik, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:12
Last Modified: 09 Oct 2024 02:12
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item
View Item