Yusri, NIM : 222310011 (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISTIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 168 SUMBANG KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Cover Image
Download (69kB) | Preview
Pendahuluan 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version
Download (342kB) | Preview
Isi 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version
Download (975kB) | Preview
Lampiran 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version
Download (786kB) | Preview
Artikel 222310011_Yusri_Pendidikan Agama Islam (Pascasarjana).pdf - Submitted Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Implementasi nilai-nilai humanistik dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SDN 168 Sumbang, Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi,wawancara dengan guru PAI dan guru bidang studi lainnya,.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan humanistik dalam pembelajaran PAI di SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang yaitu dengan menempatkan perhatian pada pengembangan kepribadian siswa secara holistik, serta menciptakan lingkungan belajar yang baik, memperhatikan
nilai humanistik dalam mengintegrasikan pada pengalaman pembelajaran,membantu siswa berkembang secara menyeluruh serta penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Konteks Humanistik yang didukung oleh penggunaan Metode pembelajaran yang berorientasi pada siswa: seperti pendekatan aktif, kolaboratif,berbasis proyek, diferensiasi, dan reflektif. Faktor penghambat penerapan pendidikan humanistik pada proses pembelajaran PAI di SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang adalah keterbatasan sumber daya, keterbatasan waktu pelajaran, serata kurangnya pelatihan tentang pendekatan humanistik. Faktor pendukung penerapan pendidikan humanistik pada proses pembelajaran PAI di
SDN 168 Sumbang Kabupaten Enrekang adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, keterlibatan aktif orang tua siswa, kerjasama antar guru, dan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai agama Islam yang dimiliki oleh guru.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa saran yang dapat diberikan: kepada Sekolah dan para guru agar terus meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai agama Islam dan bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diselaraskan dengan pendekatan humanistik dalam pembelajaran. Ini dapat dilakukan melalui pelatihan, pembinaan, dan refleksi diri secara terus-menerus
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, humanistik, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 02:12 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 02:12 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1403 |