RAHMI, NIM : 220240014 (2024) MANAJEMEN PELAYANAN HOME CARE KLINIK RUMAH SEHAT dr. FITRI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
220240014_RAHMI_KESMAS (SAMPUL).pdf - Cover Image
Download (52kB) | Preview
220240014_RAHMI_ KESMAS_(PENDAHULUAN).pdf - Submitted Version
Download (919kB) | Preview
220240014_RAHMI_KESMAS (ISI).pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
220240014_RAHMI_KESMAS (LAMPIRAN).pdf - Submitted Version
Download (781kB) | Preview
220240014_RAHMI_KESMAS (JURNAL).pdf - Submitted Version
Download (413kB) | Preview
Abstract
Home Care atau pelayanan di rumah merupakan pelayanan kesehatan
yang disediakan untuk individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tenaga pelaksana, sarana dan prasarana, proses pelaksanaan dan kepuasan pasien dalam manajemen pelayanan home care klinik rumah sehat dr. Fitri dalam peningkatan
pelayanan kesehatan. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian deskriftif kualitatif yang dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di klinik Rumah Sehat dr. Fitri.Adapun jumlah informan sebanyak 8 orang yang terdiri dari Direktur Klinik Rumah Sehat dr. Fitri, petugas home care 4 orang, pasien yang sudah
menggunakan pelayanan home care 3 orang. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tenaga pelaksana dalam pembagian kerja sudah ada khusus petugas home care, akan tetapi petugas home care juga memiliki jadwal kerja di bagian diresepsionis. Oleh sebab itu tenaga pelaksana di klinik perlu untuk ditingkatkan. Dalam sarana dan prasana di klinik rumah sehat dr. Fitri masih belum memadai, peralatan medis dan obat-obatan yang seringkali habis ketika ingin melakukan pelayanan home care. Dalam Proses pelaksanaan pelayanan home care, yaitu petugas home care sudah
melakukan sesuai dengan SOP. Kepuasan Pasien dapat dikatakan sudah baik karena masyarakat dapat memudahkan pasien untuk dirawat dirumah sehingga pasien merasakan langsung manfaat dari pelayanan home care.Saran kepada pihak klinik agar meningkatkan tenaga pelaksana dalam pembagian kerja, sarana dan prasarana dalam peningkatan pelayanan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, pelayanan, home care |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:46 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:46 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1399 |