PENGARUH EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH MENJADI ECO-ENZYME TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK GENERASI Z

HASLINDAH, NIM : 220240057 (2024) PENGARUH EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH MENJADI ECO-ENZYME TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK GENERASI Z. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of File sampul 220240057.pdf]
Preview
Image
File sampul 220240057.pdf - Cover Image

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 220240057_haslindah_ kesmas.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 220240057_haslindah_ kesmas.pdf - Submitted Version

Download (922kB) | Preview
[thumbnail of Bab ( isi) 220240057_ haslindah_ kesmas.pdf]
Preview
Text
Bab ( isi) 220240057_ haslindah_ kesmas.pdf - Submitted Version

Download (552kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 220240057_ haslindah_ kesmas.pdf]
Preview
Text
Lampiran 220240057_ haslindah_ kesmas.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of publikasi jurnal kreatifitas PKM Malahayati vol 7 no 9 2024.pdf]
Preview
Text
publikasi jurnal kreatifitas PKM Malahayati vol 7 no 9 2024.pdf - Submitted Version

Download (411kB) | Preview

Abstract

Masalah sampah menjadi tantangan utama saat ini dengan volume global yang terus meningkat seiring pertambahan penduduk, dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat semakin mengkhawatirkan. Eco-enzyme muncul sebagai solusi inovatif dalam mengelola sampah organik,memanfaatkannya menjadi produk yang berguna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk
mengetahuai pengaruh edukasi pengelolaan sampah menjadi eco-enzyme terhadap pengetahuan dan sikap anak generasi Z. Jenis penelitian adalah Quasi Eksprimen dengan rancangan One-group Pretes dan Posttes design, sampel penelitian yaitu
siswa jurusan Tata Boga di SMK 3 Parepare sebanyak 36 orang, pengambilan sampel menggunakan total sampling. Edukasi diberikan dalam bentuk Power Point setelah 1 pekan diberikan posttes. Rata-rata skor pengetahuan sebelum diberikan
intervensi yaitu 3,72 dan setelah perlakuan meningkat menjadi 8,00. Dan rata-rata nilai sikap sebelum intervensi sebesar 20,56 setelah dilakukan intervensi meningkat sebesar 34,97. Analisis data dengan menggunakan uji paired T tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh edukasi pengelolaan sampah menjadi eco-enzyme terhadap pengetahuan (p=0,000), dan sikap (p=0,000) anak generasi Z. Disarankan bagi siswa dapat bersinergi dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat
dengan melakukan pengelolaan sampah, bagi sekolah diharapkan integrasi materi tentang pengelolaan sampah kedalam kurikulum sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Sampah, Eco-enzyme, Pengetahuan, Sikap, Generasi Z
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:29
Last Modified: 08 Oct 2024 06:29
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item
View Item