JUMHAR, NIM. 222310003 (2024) AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI SD NEGERI 47 SURAKAN KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310003_Jumhar_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (59kB) | Preview
Pendahuluan 222310003_Jumhar_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (406kB) | Preview
Isi 222310003_Jumhar_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (682kB) | Preview
Lampiran. 222310003_Jumhar_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (526kB) | Preview
Artikel 222310003_Jumhar_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter dalam meningkatkan Prestasi Belajar di SD Negeri 47 Surakan Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian ini: a. Untuk menganalisis aktualisasi nilai-nilai karakter. b) Untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa, dan c) Untuk menganalisis peningkatan prestasi belajar melalui aktualisasi nilai karakter siswa di SD Negeri 47 Surakan. Hal ini dilatar belakangi adalah berangkat dari kebutuhan mendesak untuk membentuk generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga memiliki moral dan etika yang kuat. Peningkatan prestasi belajar tidak semata-mata bergantung pada kemampuan kognitif siswa, tetapi juga dipengaruhi oleh karakter yang mereka miliki, seperti disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogic, psikologi, dan theologis. Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis; reduksi data, display data dan verifikasi. Uji keabsahan data, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check.Hasil dari penelitian ini bahwa, Aktualisasi nilai-nilai karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai seperti disiplin, tanggung jawab, kerjasama, dan integritas dalam setiap aspek pendidikan, sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi belajar dan pembentukan karakter. Prestasi belajar siswa menunjukkan hasil yang positif sebagai dampak dari penerapan pendekatan pendidikan yang menyeluruh dan terintegrasi. Dengan menggabungkan metode pengajaran yang efektif, dukungan nilai-nilai karakter, serta keterlibatan aktif dari guru dan orang tua, siswa mampu mencapai hasil akademik yang memuaskan. Peningkatan prestasi belajar melalui aktualisasi nilai karakter siswa di SD Negeri 47 Surakan telah terbukti efektif dalam mendorong hasil akademik yang lebih
baik dan perkembangan pribadi yang positif. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama ke dalam kurikulum dan aktivitas sehari-hari, sekolah menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi belajar dan pembentukan karakter. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar tetapi juga membantu mereka mengatasi tantangan dengan sikap yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 02:34 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 02:34 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1382 |