PERTANIAN GENERASI Z: LITERASI AGRARIS SEBAGAI PILAR KEBERLANJUTAN EKONOMI DAN EKOLOGI (Studi Kasus Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare)

JANNATUL ADNIN, NIM : 220170033 (2024) PERTANIAN GENERASI Z: LITERASI AGRARIS SEBAGAI PILAR KEBERLANJUTAN EKONOMI DAN EKOLOGI (Studi Kasus Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of sampul _220170033_jannatul adnin.pdf]
Preview
Image
sampul _220170033_jannatul adnin.pdf - Cover Image

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of pendahuluan _220170033_, jannatul Adnin _agribisnis.pdf]
Preview
Text
pendahuluan _220170033_, jannatul Adnin _agribisnis.pdf - Submitted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of isi_220170033_jannatul adnin.pdf]
Preview
Text
isi_220170033_jannatul adnin.pdf - Submitted Version

Download (942kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_220170033_jannatul adnin.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_220170033_jannatul adnin.pdf - Submitted Version

Download (733kB) | Preview
[thumbnail of jurnal jannatul adnin.pdf]
Preview
Text
jurnal jannatul adnin.pdf - Submitted Version

Download (808kB) | Preview

Abstract

Jannatul Adnin (220 170 033) Pertanian Generasi Z:Literasi Agraris Sebgai Pilar Keberlanjutan Ekonomi dan Ekologi( Studi Kasus Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare) Dibawah bimbingan Irmayani dan Irninthya Nanda Pratami Irwan.Pertanian memainkan peran penting dalam keberlanjutan ekonomi dan ekologi. Namun, minat Generasi Z (Gen Z) terhadap pertanian telah menurun secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemahaman literasi pertanian di kalangan Gen Z di Kecamatan Bacukiki Barat, Parepare, dan membandingkan pemahaman mereka berdasarkan pengalaman langsung dan literatur. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi data. Wawancara mendalam dan observasi partisipatif dilakukan untuk mengumpulkan data dari partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi pertanian Gen Z berada pada level sedang, dengan kecenderungan memahami konsep dasar pertanian namun kurang dalam penerapan praktisnya. Pemahaman yang diperoleh dari pengalaman langsung, seperti keterlibatan dalam kegiatan pertanian atau kunjungan lapangan, memiliki damp yang lebih baik dalam mendorong tindakan nyata dibandingkan dengan hanya membaca literatur atau sumber tertulis. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperkuat pengalaman praktis dalam pendidikan pertanian untuk memperkaya pemahaman dan keterlibatan Gen Z di sektor pertanian. Hal ini dapat dilakukan melalui program magang, praktik lapangan, dan kolaborasi dengan petani lokal dan institusi Pendidikan Perguruan Tinggi. Dengan demikian, diharapkan minat dan partisipasi Gen Z di bidang pertanian akan semakin meningkat dan mendukung keberlanjutan sektor ini di masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gen Z, Literasi Agraris, Ekologi, Ekonomi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan > Agribisnis
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 08 Oct 2024 01:53
Last Modified: 08 Oct 2024 01:53
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item
View Item