SITTI HADIJAH RAHMAN, NIM. 220310010 (2024) PERAN IBU DALAM MEMBENTUK GENERASI RABBANI (PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM). Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 220310010_Sitti HadijahRahman_PAI. Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (61kB) | Preview
Pendahuluan 220310010_Sitti HadijahRahman_PAI. Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (386kB) | Preview
Isi 220310010_Sitti HadijahRahman_PAI. Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 220310010_Sitti HadijahRahman_PAI. Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (523kB) | Preview
Artikel 220310010_Sitti HadijahRahman_PAI. Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (401kB) | Preview
Abstract
Tesis ini adalah studi tentang peran ibu dalam membentuk generasi rabbani ditinjau dari perspektif pendidikan Islam. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi rabbani karena ibu adalah madrasah pertama dan utama bagi anak-anak mereka. Tentu saja, tidaklah mudah bagi seorang ibu
untuk membentuk generasi rabbani yang tangguh dan memiliki kepribadian Islam yang kuat. Banyak ujian moralitas dan tantangan yang harus dihadapi, terutama di zaman seperti sekarang di mana kebebasan sangat diagung-agungkan. Di mana
perilaku generasi hari ini banyak yang jauh dari nilai-nilai Islam, sebut saja perilaku kekerasan, perundungan, seks bebas, dan perilaku amoral lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pentingnya membentuk generasi rabbani menurut Islam, konsep pendidikan Islam dalam pembentukan generasi rabbani, serta bentuk peran ibu dalam pembentukan generasi rabbani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini akan menggali makna
dari informasi atau data empirik yang didapat dari buku-buku, hasil laporan penelitian ilmiah ataupun resmi, media sosial, maupun dari literatur yang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, membentuk generasi rabbani sangat penting karena mereka dibentuk dengan nilai-nilai islami yang
akan menjadi pemimpin yang mampu mengambil keputusan berdasarkan tuntunan syariat Islam, dan mampu berkontribusi dalam pembangunan peradaban Islam yang maju dan beradab. Kedua, konsep pendidikan Islam mencakup tentang tujuan pendidikan Islam. Tujuan pendidikan Islam bisa tercapai dengan
memperhatikan kurikulum pendidikan, metode pengajaran, dan lingkungan pendidikan yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga, peran ibu tidak hanya sebatas mengandung dan Melahirkan, tetapi ibu memiliki peran yang lain, di antaranya yaitu pemberian kasih sayang dan perhatian, mendidik anak dengan pendidikan agama Islam, menjadi teladan dalam ketakwaan dan ibadah, menanamkan kepada anak cinta ilmu, pendidikan intelektual, pembinaan sosial kemasyarakatan dan berdakwah, dan memelihara kesehatan jasmani anak. Dengan menjalankan peran tersebut, ibu dapat berkontribusi secara signifikan dalam
pembentukan generasi rabbani.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Ibu, Generasi Rabbani, Pendidikan Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:55 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:55 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1369 |