SAMSUDDIN NASIR, NIM. 1221250024 (2024) DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PESANTREN PEMBANGUNAN MUHAMMADIYAH TANA TORAJA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FILE SAMPUL. 1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI.pdf - Cover Image
Download (103kB) | Preview
PENDAHULUAN. 1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI.pdf - Submitted Version
Download (851kB) | Preview
![[thumbnail of BAB (ISI). 1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI.doc]](/style/images/fileicons/text.png)
BAB (ISI). 1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI.doc - Submitted Version
Download (368kB)
LAMPIRAN. 1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI.pdf - Submitted Version
Download (478kB) | Preview
JURNAL SKRIPSI.1221250024_SAMSUDDIN NASIR_PAI S1.pdf - Submitted Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Samsuddin Nasir, 2021. Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja (Pembimbing I Salmiati, S. Pd.I., M.Pd.I dan Pembimbing II Lismawaty, S.Sy., M.M.). Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan kurikulum merdeka belajar SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. 2) Motivasi belajar Pendidikan
Agama Islam SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. 3) Dampak penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap motinasi belajar belajar Pendidikan Agama Islam SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang berlokasi di SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja, dengan
pendekatan kualitatif. Sumber data primer yanG diteliti kepala sekolah, Guru PAI dan peserta didik dan skunde ditiliti data tertulis berupa jurnal, artikel, buku.intrumen penelitian; pedoman observasi, pedoman wawnacara, Prosedur pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian yang didapatkan adalah sebagai berikut; 1) Penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja yaitu dengan beberapa kegiatan yaitu: a) Persiapan guru Pendidikan
Agama Islam dalam menerapkan kurikulum merdeka, b) Mengikuti pelatihan dan pembinaan, c) Menyusun perangkat pembelajaran, d) Pelaksanaan pembelajaran, e) Penilaian pembelajaran. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana Toraja. Dimana guru mengawali
dengan mengucap salam, berdoa bersama, menyapa peserta didik dengan nada semangat dan gembira, menanyakan kehadiran peserta didik dan melakukan fre test untuk mengukur sejauh mana materi pelajaran yang dikuasai peserta didik serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 3) Dampak Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Motivasi Belajar Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Pesantren Pembangunan Muhammadiyah Tana
Toraja dimana pendekatan lebih kontekstual dan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengaitkan materi ajar dengan realitas kehidupan sehari-hari termasuk nilai-nilai agama dalam konteks lokal, sehingga peserta didik dapat memahami dan mendalami ajaran Islam karena relevan dengan kehudupan mereka
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka Belajar, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:57 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:57 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1357 |