ANDHIKA PERWIRA WICAKSANA, NIM : 219280054 (2024) PEMBELAJARAN APLIKASI FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANAK USIA DINI DI KOTA PAREPARE. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
sampul Halaman Judul_219280054_Andhika Perwira Wicaksana_Teknik Informatika.pdf - Cover Image
Download (24kB) | Preview
Pendahuluan_219280054_Andhika Perwira Wicaksana_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version
Download (598kB) | Preview
BAB_219280054_Andhika Perwira Wicaksana_Teknik Informatika (1).pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran_219280054_Andhika Perwira Wicaksana_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version
Download (3MB) | Preview
JURNAL PEMBELAJARAN APLIKASI FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANAK USIA DINI DI KOTA PAREPARE_219280054_Andhika Perwira Wicaksana_Teknik Informatika.pdf - Submitted Version
Download (940kB) | Preview
Abstract
Andhika Perwira Wicaksana (219 280 054), pembelajaran aplikasi finger painting untuk meningkatkan keterampilan anak usia dini di kota parepare.(dibimbing oleh A. Wahyuddin dan Hasnawati).
Penggunaan media dan strategi pembelajaran yang bervariasi merupakan hal pokok dalam pendidikan khususnya dalam pengembangan kreativitas motorik halus yang berhubungan langsung dengan kemampuan menulis anak usia dini. Salah satu
media dan strategi pilihannya adalah melalui kegiatan finger painting. Penelitian ini bertujuan melihat aktivitas apa pada guru yang dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran terutama pada kegiatan main finger painting. Penelitian ini juga
melihat apakah terjadi peningkatan pada nilai kreativitas anak di aspek perkembangan motorik halus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Data dikumpulkan melalui mewarnai gambar dan kreativitas anak dan dianalisis secara narrative deskriptif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan adanya aplikasi mewarnai ini dapat meningkatkan monotorik anak didik, terjadi peningkatan yang lebih baik pada hasil kinerja guru didalam kelas. Hasil penelitian aktivitas guru menunjukkan peningkatan persentase
pada kegiatan yang dilakukan oleh guru. Kemudian, kemampuan kreativitas motoric halus anak usia 5-6 tahun dalam kegiatan finger painting dengan menggunakan jari-jari tangan juga dinilai berhasil. Hal ini terjadi dengan adanya pemberian variasi jenis gambar dan warna sesuai dengan keinginan anak serta intensitas penggunaan jari jemari anak pada saat bermain finger painting
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi, finger painting, website, mewarnai |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | pariman parid |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:03 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:03 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1350 |