SUDARMONO, NIM : 222310031 (2024) INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK MIN 2 ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FAIL SAMPUL. 222310031_SUDARMONO_PAI S2.pdf - Cover Image
Download (29kB) | Preview
PENDAHULUAN. 222310031_SUDARMONO_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB (Isi). 222310031_SUDARMONO_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN. 222310031_SUDARMONO_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
JURNAL TESIS. 222310031_SUDARMONO_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (574kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Integrasi Nilai Pendidikan Islam pada Pembelajaran Matematika untuk Pembentukan Karakter Kejujuran pada Peserta Didik MIN 2 Enrekang. penelitian bertujuan untuk mengetahui: a) konsep pengintegrasian nilai pendidikan Islam pada pembelajaran matematika di MIN 2
Enrekang. b) Proses pengintegrasian nilai pendidikan Islam pada pembelajaran matematika di MIN 2 Enrekang. c) Hasil pengintegrasian nilai pendidikan Islam pada pembelajaran matematika untuk membentuk karakter kejujuran peserta didik
MIN 2 Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah untuk menjawab tantangan zaman, memastikan bahwa peserta didik memiliki benteng moral yang kuat terhadap pengaruh negatif lingkungan dan teknologi, selaras dengan visi dan misi sekolah untuk menghasilkan individu yang cerdas dan
berakhlak mulia.Sebagai penyempurna Tesis ini, penulis menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif dengan Pendekatan Studi Kasus. Teknik Pengumpulan Data; Observasi,Wawancara dan Dokumentasi. Dengan Teknik Analisis; Data Reduksi data
Penyajian Data dan Kesimpulan.Hasil dari penelitian ini bahwa, Konsep Pengintegrasian Nilai Pendidikan Islam pada Pembelajaran, bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik melalui pendekatan holistik yang menggabungkan aspek kognitif dan afektif yang melibatkan pengenalan nilai-nilai keagamaan seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab dalam konteks materi matematika, sehingga peserta didik tidak
hanya memahami konsep-konsep matematika tetapi juga menginternalisasi nilai�nilai moral dan etika. Proses Pengintegrasian Nilai Pendidikan Islam pada Pembelajaran Matematika menggunakan berbagai metode, seperti mengaitkan
konsep matematika dengan kisah-kisah keagamaan, memberikan contoh-contoh penerapan nilai-nilai keagamaan dalam penyelesaian masalah matematika, serta mengadakan diskusi kelompok yang mendorong refleksi moral. Hasil Pengintegrasian Nilai Pendidikan Islam Pembelajaran Matematika dalam untuk
Membentuk Karakter Kejujuran Peserta Didik di MIN 2 Enrekang menunjukkan adanya komitmen kuat dari seluruh komponen sekolah, termasuk guru, siswa, dan orang tua, untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik dan berkarakter.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Pembelajaran Matimatika Karakter Peserta Didik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 05 Oct 2024 03:17 |
Last Modified: | 05 Oct 2024 03:17 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1298 |