AHMADINI, NIM. 222310037 (2024) PERAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 188 NATING KECAMATAN BUNGIN KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FAIL SAMPUL.222310037_AHMADINI_PAI S2.pdf - Cover Image
Download (70kB) | Preview
PENDAHULUAN.222310037_AHMADINI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (384kB) | Preview
BAB (Isi).222310037_AHMADINI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
JURNAL TESIS.222310037_AHMADINI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (175kB) | Preview
LAMPIRAN.222310037_AHMADINI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Peran Strategi Active Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Sdn 188 Nating Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang; a. pembelajaran PAI sebelum menggunakan strategi active learning, b. pelaksanaan strategi active learning dalam pembelajaran agama Islam
dapat meningkatkan hasil belajar, dan c. pendukung dan penghambat dalam pelaksanakan strategi active learning.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan pendekatan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki praktik pembelajaran secara langsung melalui proses refleksi dan tindakan berbasis data. Metode ini melibatkan langkah�langkah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil observasi kemudian dianalisis untuk refleksi, yang menjadi dasar untuk perencanaan tindakan berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Pembelajaran PAI sebelum
menggunakan strategi active learning cenderung menggunakan metode konvensional yang berpusat pada guru. Pendekatan ini lebih menekankan pada pemberian materi melalui ceramah dan hafalan, sehingga siswa seringkali bersikap pasif dan kurang terlibat secara aktif dalam proses belajar. Interaksi antara siswa dan guru serta antar siswa sendiri masih minim, yang mengakibatkan pemahaman konsep agama yang diajarkan kurang mendalam. Selain itu, motivasi belajar siswa juga tidak optimal karena mereka tidak dilibatkan secara langsung dalam kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual. Pelaksanaan
strategi active learning dalam pembelajaran agama Islam bahwa pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 4 (33,33%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 5 orang atau Ketuntasan hanya mencapai 58,33%. Pada siklus II siswa
yang tuntas sebanyak 9 orang atau ketuntasan hanya mencapai 75,00%. Dan guru telah berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan sangat sempurna. Pendukung dan penghambat dalam pelaksanakan strategi active learning pada
peserta didik di SDN 188 Nating Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang yaitu pelaksanaan strategi active learning di SDN 188 Nating Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang didukung oleh beberapa faktor seperti kesiapan dan keterampilan guru dalam mengimplementasikan metode ini, serta ketersediaan
sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang interaktif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Active Learning, Hasil Belajar, PAI. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:19 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1254 |