HARDIANTI, NIM. 1223340005 (2024) PENERAPAN PERMAINAN BALOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI DI RA AL-FUR’QAN BENTENG KABUPATEN PINRANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FAIL SAMPUL. 1223340005_HARDIANTI_PIAUD S1.pdf - Cover Image
Download (288kB) | Preview
PENDAHULUAN. 1223340005_HARDIANTI_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (943kB) | Preview
BAB(Isi).1223340005_HARDIANTI_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN. 1223340005_HARDIANTI_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (907kB) | Preview
JURNAL SKRIPSI.1223340005_HARDIANTI_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (412kB) | Preview
Abstract
Hardianti. 1223340005. Penerapan Permainan Balok dalam
Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini di RA Al-Fur’qan Benteng Kabupaten Pinrang.Bermain merupakan kebutuhan bagi anak, karena melalui bermain anak dapat memperoleh pengetahuan yang dapat mengembangkan kemampuan dirinya. Bermain balok merupakan salah satu alat bermain konstruksi yang bermanfaat untuk anak. Balok terdiri dari berbagai bentuk, segitiga, segiempat, lingkaran, dengan berbagai warna yang menarik. Berdasarkan hasil prasurvey menunjukkan bahwa terdapat banyak anak di RA Al-Fur’qan Benteng Kabupaten Pinrang yang perkembangan kecerdasan visual spasial belum berkembang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui bermain balok di RA Al-Fur’qan Benteng Kabupaten Pinrang. Metode
penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak RA Al-Fur’qan Benteng Kabupaten Pinrang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan kecerdasan visual spasial dikatakan berhasil apabila anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase 60%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan visuak spasial anak. Sebelum dilakukan tindakan belum ada anak yang berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan pada siklus I, kecerdasan visual anak anak meningkat sebanyak 4 anak dengan presentase 27%, sedangkan di
siklus II mengalami peningkatan menjadi 11 anak dengan presentase 73%. Kesimpulan yang dapat di tarik adalah melalui bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan spasial anak di RA Al-Fur’qan Benteng Kabupaten Pinrang dan berkembang sangat baik (BSB) dari prasiklus, siklus I dan siklus II meningkat
sebanyak 46%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Balok, Kecerdasan Visual Spasial. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:00 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1250 |