NURSIDAH, NIM.1223340010 (2024) PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DDI AMMANI UTARA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FAIL SAMPUL. 1223340010_NURSIDAH_PIAUD S1.pdf - Cover Image
Download (26kB) | Preview
PENDAHULUAN. 1223340010_NURSIDAH_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
BAB(Isi). 1223340010_NURSIDAH_PIAUD S1.pdf - Accepted Version
Download (731kB) | Preview
LAMPIRAN.1223340010_NURSIDAH_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (828kB) | Preview
JURNAL SKRIPSI.1223340010_NURSIDAH_PIAUD S1.pdf - Submitted Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Perkembangan motorik halus anak usia dini akan berkembang setelah perkembangan motorik kasar anak berkembang terlebih dahulu, ketika usiausia awal yaitu usia satu atau usia dua tahun kemampuan motorik kasar yang berkembang dengan pesat. Mulai usia 3 tahun barulah kemampuan motorik halus anak akan berkembang dengan pesat, anak mulai tertarik untuk memegang pensil walaupun posisi jari-jarinya masih dekat dengan mata pensil selain itu anak juga masih kaku dalam melakukan gerakan tangan untuk menulis. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak melalui bermain balok di RA DDI Ammani Utara. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan pada setiap siklusnya
dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 25 anak RA DDI Ammani Utara. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Peningkatan kecerdasan visual spasial dikatakan berhasil apabila anak mampu mencapai kriteria perkembangan Berkembang Sangat Baik (BSB) dengan presentase 69%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari sebelum tindakan dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Pelaksanaan tindakan pada siklus I menggunakan 3 alat mewarnai yang berbeda dan anak-anak merasa kesulitan karena 3 stimulasi diberikan sekaligus sehingga peningkatan persentase yang ditunjukkan dari pra
tindakan ke siklus I sebesar 36% kemudian peningkatan Persentase yang cukup signifikan ditunjukkan pada pelaksanaan siklus II menjadi 72% dikarenakan kegiatan mewarnai
dilakukan menggunakan 1 alat mewarnai saja sehingga stimulasi yang diberikan kepada anak bisa tuntas dan anak tidak mengalami kesulitan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mewarnai Gambar, Keterampilan Motorik Halus. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:48 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 02:48 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1248 |