TRANSFORMASI MADRASAH DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI PADA MADRASAH ALIAH NEGERI DI KOTA PAREPARE

SYAIFUL MAHSAN, NIM : 221370019 (2024) TRANSFORMASI MADRASAH DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PAI PADA MADRASAH ALIAH NEGERI DI KOTA PAREPARE. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf]
Preview
Image
Sampul 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf - Cover Image

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of Isi 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Isi 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Lampiran 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (973kB) | Preview
[thumbnail of Artikel 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Artikel 221370019_SYAIFUL MAHSAN_Program Doktor PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (476kB) | Preview

Abstract

Disertasi ini membahas tentang digitalisasi serta pengaplikasiannya dalam dunia pendidikan khusunya pendidikan agama Islam yang ada di Madrasah Alitah Negri di Kota Parepare. Berusaha menggali lebih dalam terkait bagaimana bentuk Transformasi madrasah digital (hardware, software dan brainware) pada i Madrasah Aliyah Negeri se Kota Parepare, danbBagaimana Bentuk Proses Pembelajaran pada PAI dengan pendekatan Madrasah Digital, serta ingin mengetahui apakah Program Madrasah Digital dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran PAI pada Madrasah Negeri se Kota Parepare.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan penelitian lapangan Field Research. Jenis penelitian inimerupakan Penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi aktual secara rinci,dan melukiskan realita yang ada. Peneliti memilih memilh jenis pendekatan ini dengan tujuan agar mendapatkan gambaran proses yang jelas sehingga dapat mengumpulkan data dengan kata-kata untuk mendeskripsikan fenomena tentang Transformasi Madrasah Digital Madrasah Aliyah yang ada di Kota Parepare
Hasil peneltian ini antara lain memperoleh fakta bahwa Guru-guru telah menggunakan berbagai media digital seperti video, foto, dan dokumen digital untuk memperkaya proses pembelajaran. Madrasah juga telah mengadopsi sistem manajemen informasi sekolah (SMIS) untuk meningkatkan efisiensi administrasi.
Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Pembelajaran berbasis digital di Madrasah Aliyah Negeri Parepare diterapkan pada sebagian besar mata pelajaran,
dengan memanfaatkan media seperti smartphone, LCD proyektor, komputer, PowerPoint, WhatsApp, dan YouTube. Dampak yang dirasakan adalah peserta didik menjadi lebih semangat dan tidak bosan selama proses pembelajaran. Melalui penelitian ini juga
mampu mengungkapkan bahwa transformasi madrasah digital memberikan dampak positif, seperti meningkatkan antusiasme dan aktivitas peserta didik, keterampilan guru,serta hasil belajar. Namun, masih terdapat tantangan seperti akses internet di luar materi pembelajaran. Untuk itu, diperlukan upaya memaksimalkan potensi sumber daya manusia yaitu brainware dalam inovasi digital di dunia pendidikan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:00
Last Modified: 04 Oct 2024 02:00
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1241

Actions (login required)

View Item
View Item