NUR PRADINI GALLA, NIM : 222300005 (2024) INVESTIGATING FINAL ACADEMIC WRITING PROJECT PROCRASTINATION IN THESIS WRITING OF UNDERGRADUATE UNIVERSTY STUDENTS. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
SAMPUL NURPRADINI.pdf - Cover Image
Download (93kB) | Preview
PENGESAHAN NUR PRADINI.pdf - Submitted Version
Download (856kB) | Preview
BAB I - DAPUS NUR PRADINI.pdf - Submitted Version
Download (633kB) | Preview
LAMPIRAN NUR PRADINI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
ARTIKEL NUR PRADINI GALLA.pdf - Submitted Version
Download (340kB) | Preview
Abstract
Penundaan dalam menulis skripsi merupakan fenomena umum di kalangan mahasiswa yang sedang menyelesaikan proyek akademiknya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendasari terjadinya prokrastinasi akademik dalam penulisan skripsi di kalangan mahasiswa S1 di IAIN Parepare, Sulawesi Selatan. Penelitian ini membahas masalah umum penundaan yang menghambat penyelesaian proyek akademik akhir, yang berdampak pada
kemajuan akademik dan prestasi siswa secara keseluruhan. Permasalahan yang diteliti adalah faktor dominan internal dan eksternal yang mempengaruhi mahasiswa dalam menunda penulisan skripsi, serta tantangan yang dihadapi dan
solusi yang diambil.Penelitian ini menggunakan Desain penelitian metode campuran,menggabungkan data kuantitatif dari kuesioner dan kualitatif dari wawancara mendalam. Aspek kuantitatif melibatkan survei yang didistribusikan kepada
mahasiswa untuk mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penundaan,sedangkan aspek kualitatif berfokus pada persepsi mahasiswa melalui depth interview. Sampel penelitian terdiri dari 19 mahasiswa tahun akademik 2017.
Kemudian 8 dari 19 m Mahasiswa dipilih untuk wawancara lebih lanjut untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai mengapa mereka melakukan penunda-nundaan. Mahasiswa ini diidentifikasi sebagai orang yang suka menunda�nunda. Hal ini berdasarkan data dari catatan akademik fakultas yang diperoleh pada observasi awal.Temuan mengungkapkan bahwa faktor internal, seperti kurangnya motivasi, manajemen waktu yang buruk, dan rendahnya disiplin diri, merupakan
kontributor signifikan terhadap penundaan. Faktor eksternal, antara lain gangguan lingkungan, financial, dan kurangnya bimbingan dari dosen pembimbing, semakin memperparah keterlambatan penyelesaian skripsi. Penelitian ini juga menyoroti beban psikologis yang dihadapi siswa, ditandai dengan kecemasan, ketakutan akan kegagalan, dan perfeksionisme, yang berkontribusi terhadap perilaku penundaan mereka. Menanggapi tantangan tersebut, siswa mengadopsi berbagai strategi,termasuk mencari motivasi eksternal, meningkatkan kesadaran diri, menetapkan
prioritas yang jelas, dan membuat rencana terstruktur untuk mengatur waktu mereka secara efektif. Studi ini menyimpulkan bahwa mengatasi faktor internal dan eksternal sangat penting dalam mengurangi penundaan dan meningkatkan keberhasilan akademik siswa. Institusi pendidikan harus memberikan dukungan yang ditargetkan, seperti lokakarya konseling dan manajemen waktu, untuk membantu siswa mengatasi penundaan dan menyelesaikan tesis mereka tepat waktu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:08 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1160 |