DARIA, NIM. 222310028 (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PENGAMALAN SHOLAT BERJAMAAH PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 85 LABA KEC. ENREKANG KAB.ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310028_Daria_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (60kB) | Preview
PENDAHULUAN DARIA.pdf - Submitted Version
Download (427kB) | Preview
Isi 222310028_Daria_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310028_Daria_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel 222310028_Daria_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang Penerapan Metode Bermain Peran dalam PengamalanSholat Fardhu Peserta Didik Kelas III di SDN 85 Laba Kec. Enrekang yang menggunakan penelitian kualitatif dimana dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dan metode dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode bermain peran dalam pengajaran sholat fardhu di SDN 85 Laba Kec. Enrekang menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan pemahaman dan praktik ibadah siswa. Metode ini efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Perencanaan yang matang, pemilihan tema yang
tepat, penyediaan fasilitas, arahan yang jelas, pembagian peran yang sesuai, serta evaluasi yang kontinu. Metode bermain peran dalam pengamalan sholat fardhu di kelas III SDN 85 Laba Kec. Enrekang mendapat respon yang sangat positif. Metode ini meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap pelaksanaan sholat fardhu dan berpotensi menjadi strategi pembelajaran yang efektif dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar. Dan adapun Faktor penghambat dalam
implementasi metode bermain peran dan bagaimana upaya yang dilakukan di Kelas III di SDN 85 Laba Kec.Enrekang meliputi perilaku siswa yang bermainmain atau mengganggu teman mereka selama kegiatan bermain peran, yang menciptakan gangguan dalam kelas dan mengurangi efektivitas pembelajaran.
meskipun terdapat beberapa faktor penghambat. Adapun salah satu rekomendasio dari penelitian ini yaitu Guru perlu
mendapatkan pelatihan dan dukungan yang memadai dalam
mengimplementasikan metode bermain peran dalam pembelajaran. Pelatihan ini dapat membantu guru mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul selama proses pembelajaran, serta memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola kelas dengan efektif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain peran, shalat Berjamaah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 21 Sep 2024 02:55 |
Last Modified: | 21 Sep 2024 02:55 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1155 |