SRI RAMADANI, NIM: 220340017 (2024) PENERAPAN SIKAP SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA DI RA DDI ILHAM PACONGANG KABUPATEN PINRANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
SAMPUL_220340017_SRI RAMADANI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf - Cover Image
Download (211kB) | Preview
PENDAHULUAN_220340017_SRI RAMADANI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
ISI_220340017_SRI RAMADANI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN_220340017_SRI RAMADANI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI.pdf - Submitted Version
Download (998kB) | Preview
JURNAL SRI RAMADANI.pdf - Submitted Version
Download (613kB) | Preview
Abstract
Sri Ramadani 2024. Penerapan Sosial Emosional Anak Dalam
Pembelajaran Bercerita di RA DDI Ilham Pacongang Kec. Paleteang Kab. Pinrang (Pembimbing I Nurlina Jalil, S.E., M.Pd dan Pembimbing II Kalbi Jafar, S.Pd.I., M.Pd.I.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode bercerita dapat berjalan dengan penerapan sosial emosional anak dalam pembelajaran bercerita di RA DDI Ilham Pacongang Kabupaten Pinrang. Rumusan masalah dalam penelitian ini dalam bentuk Pertanyaan sebagai berikut: (1) Bagaimana
sikap sosial emosional anak di RA DDI Ilham Pacongang. (2) Bagaimana penerapan pembelajaran bercerita dilakukan di RA DDI Ilham Pacongang. (3) Bagaimana hasil penerapan sikap sosial emosional anak dalam pembelajaran bercerita di RA DDI Ilham Pacongang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif lapangan, yang berfokus pada penerapan sosial emosional anak dalam pembelajaran bercerita di RA tersebut.Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
bercerita dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disediakan, yang dilakukan dua kali dalam seminggu, efektif dalam penerapan sosial emosional anak dalam pembelajaran bercerita.Anak-anak menunjukkan kemampuan untuk bersikap toleran, mengekspresikan emosi, memahami peraturan dan disiplin, serta mengenal tata krama dan sopan santun.Namun, terdapat beberapa kendala dalam penerapan metode ini, seperti kencerungan anak menjadi pasif dan cepat bosan
ketika menggunakan atau hanya mendengarkan guru bercerita.Sehinggah guru mengguakan media elektonik, televisis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosial Emosional, Metode Bercerita, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 03:09 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 03:09 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1140 |