IDAWATI, NIM:220340013 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI PENUGASAN BERCERITA PADA ANAK USIA DINI DI RA INSAN CENDEKIA CEMPA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
SAMPUL_220340013_IDAWATI_PAUD - Copy (2).pdf - Cover Image
Download (27kB) | Preview
PENDAHULUAN_220340013_IDAWATI_PAUD.pdf - Submitted Version
Download (816kB) | Preview
BAB I - DAFTAR PUSTAKA_220340013_IDAWATI_PAUD.pdf - Submitted Version
Download (656kB) | Preview
LAMPIRAN_220340013_IDAWATI_PAUD.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel Skripsi Idawati.pdf - Submitted Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Idawati, 2024.”Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Penugasan Bercerita Pada Anak Usia Dini di RA Insan Cendikia Cempa Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang” (Pembimbing I Ibu Nurlina Jalil, S.E., M.Pd., dan Bapak Kalbi Jafar, S.Pd.I., M.Pd). Skripsi ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan bahasa anak dengan menggunakan metode bercerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Alat dan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif yaitu data yang dikumpulkan dari hasil catatan lapangan. Sedangkan data kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan dalam rangaka menyusun data, menyajikan data dalam bentuk angka atau data statistik, dan menganalisis data yang berupa angka. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa penerapan metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun, dikatakan berhasil. Dalam penerapan metode bercerita dilakukan , memperkenalkan dan membiasakan anak didik dengan metode bercerita, kemudian mampu mengulangi kata yang didengar serta mampu berbahasa tanpa bantuan. Kegiatan yang telah direncanakan dalam RPPH mengaktifkan anak didik agar pembelajaran tindak membosankan dan tidak monoton. Dengan begitu, respon anak didik dalam mengikuti pembelajaran sangat antusias. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi
guru pada siklus I ke siklus II dimanamulai dari 54 (cukup) menjadi 67 (baik). Sama halanya dengan aktivitas anak didik juga meningkat dari siklus I sebesar 58 (mulai berkembang) dan berkembang sangat baik pada siklus II 67. Peningkatan
kemampuan berbahasa denga metode bercerita pada usia 5-6 tahun di RA Insan Cendikia Cempa Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang sangat efektif dilihat dari presentase pada tiap-tiap siklus anak didik yang tuntas
mendapatkan nilai BSH terdapat siklus I (31%) sebanyak 8 anak didik dari 23 anak didik dengan rata-rata 48,91, siklus II terdapat (67%) sebanyak 18 anak didik dari 23 anak didik dengan rata-rata 78,26. Hal ini membuktikan bahwa adanya
pengaruh yang cukup besar dalam penggunaan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbahasa, Metode Bercerita, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:40 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:40 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1139 |